Tentang KamiPedoman Media SiberKetentuan & Kebijakan PrivasiPanduan KomunitasPeringkat PenulisCara Menulis di kumparanInformasi Kerja SamaBantuanIklanKarir
2024 © PT Dynamo Media Network
Version 1.89.0
Konten dari Pengguna
Tingkatkan Minat Belajar Anak TK Melalui Simulasi Edukasi Literasi Digital
5 September 2024 8:24 WIB
·
waktu baca 3 menitTulisan dari Nawang Ayu Widyo Retno tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
Seiring dengan perkembangan teknologi, pemanfaatan perangkat digital semakin meluas, termasuk dalam dunia pendidikan. Kelompok mahasiswa KKN Tematik MBKM Universitas PGRI Semarang berinisiatif untuk memanfaatkan potensi teknologi ini guna meningkatkan minat belajar anak usia dini di Desa Munding, Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang.
ADVERTISEMENT
“Aplikasi simulasi edukasi literasi digital ini dibuat untuk mengembangkan imajinasi anak mengenai huruf, angka, dan hewan”, ujar Fina mahasiswa KKN UPGRIS.
Permainan dalam aplikasi edukasi ini dirancang dengan mempertimbangkan tahap perkembangan anak TK. Melalui visual yang menarik, suara yang merdu, dan interaksi yang sederhana, anak-anak dapat belajar sambil bermain dengan lebih efektif. Beberapa manfaat yang diharapkan dari program ini antara lain:
a. Meningkatkan minat belajar
b. Mempermudah pemahaman konsep
c. Merangsang perkembangan kognitif
d. Menyiapkan anak untuk memasuki jenjang pendidikan selanjutnya
Setelah aplikasi selesai dibuat, mahasiswa KKN melakukan sosialisasi dan pelatihan kepada tenaga pendidik yang ada di TK AL-Madani mengenai cara penggunaan aplikasi. Selain itu, diadakan juga demo penggunaan aplikasi kepada anak-anak TK AL-Madani.
ADVERTISEMENT
Untuk meningkatkan minat belajar peserta didik, Mahasiswa KKN Tematik kelompok 1 Universitas PGRI Semarang, yang beranggotakan 10 orang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Munding, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang.
Salah satu program kerja yang telah dilaksanakan oleh mahasiswa KKN UPGRIS ini adalah kegiatan simulasi edukasi literasi digital.
Kegiatan ini diadakan di TK AL-Madani yang melibatkan semua peserta didik di TK tersebut, Senin (2/9/2024).
Koordinator desa KKN Tematik kelompok 1, Arwan Mangli menjelaskan bahwa program kerja Simulasi Edukasi Literasi Digital ini bertujuan untuk mengembangkan pola pikir dan karakter belajar peserta didik supaya dapat berpikir bahwa belajar itu menyenangkan.
“Kegiatan ini adalah salah satu proker yang dimiliki oleh kelompok 1 KKN TEMATIK MBKM UPGRIS, dimana kegiatan simulasi edukasi literasi digital mengajarkan peserta didik dalam hal mengenal maupun menghafal melalui permainan yang seru.” ujar Arwan selaku Koordinator Desa.
ADVERTISEMENT
Ia menerangkan dalam kegiatan simulasi digital ini peserta didik dikenalkan berbagai macam huruf, warna, dan suara hewan dalam bentuk permainan melalui aplikasi PHET. Pada saat kegiatan berlangsung peserta didik antusias dan bersemangat mengikuti kegiatan simulasi.
Diharapkan setelah dilakukan kegiatan ini dapat mengasah keterampilan berpikir peserta didik serta meningkatkan minat belajar.
Tenaga pendidik merasa terbantu dengan adanya kegiatan simulasi edukasi literasi digital yang diterapkan oleh mahasiswa kkn.
“Di era sekarang antara otak kanan dan otak kiri harus seimbang maka diterapkan media digital, sehingga walaupun TK kita berada di desa kita harus menguprade diri agar tidak ketinggalan, maka simulasi ini sangat membantu dalam pembelajaran.” Ujar Bu Heni selaku tenaga pendidik di TK AL-Madani.
ADVERTISEMENT