News
·
13 Oktober 2021 20:55
·
waktu baca 5 menit

Politik yang Membuat Media Massa Menjadi Sorotan Publik

Konten ini diproduksi oleh nazlasakinah
Politik yang Membuat Media Massa Menjadi Sorotan Publik (51185)
searchPerbesar
sumber : https://pixabay.com/id/vectors/pidato-pria-politik-berbicara-2759550/
Menurut saya untuk saat ini media menjadi sorotan publik, mengapa? karena untuk sekarang ini media sangat penting untuk berbagai informasi apalagi dalam bidang politik.
ADVERTISEMENT
Kalau dilihat dari beberapa media, media itu menjadi sarana informasi publik untuk mengetahui informasi di berbagai bidang terutama informasi di bidang politik. Media ini sangat penting menurut saya, karena jika tidak ada media mungkin semua orang itu tidak akan tahu bagaimana kinerja dalam politik tersebut. Kinerja politik juga harus diketahui oleh masyarakat. Oleh karena itu, media begitu penting untuk memberikan gambaran ke masyarakat mengenai kinerja politik itu seperti apa. Media memiliki banyak jenis, ada media cetak, media elektronik dsb. Menurut saya media untuk saat ini memang tidak bisa dipisahkan sama kehidupan politik di luar sana.
Media dengan politik itu bisa dibilang memiliki hubungan simbiosis mutualisme mengapa? karena dengan cara politik itu menyampaikan aspirasi mereka seperti sedang adanya pemilihan umum, di situ media berperan, dengan sebaliknya media juga mendapatkan banyak bahan berita untuk disiarkan.
ADVERTISEMENT
Kalau menurut saya untuk saat ini platform terbaik untuk mengetahui berbagai informasi politik itu adalah media, media juga sebenarnya tidak mempublish beberapa informasi yang ada dalam kehidupan politik, mungkin menurut saya media juga memilih mana berita yang harus disebarkan atau tidak, dan itu sudah menjadi kewajiban media juga harus mengunggah berita yang memang fakta adanya.
Setiap media akan mengunggah berita yang fakta, mereka juga mencari tahu benar atau salahnya dari berita itu, tidak mungkin juga media mengunggah berita yang hoaks. Tapi kalau dipikir-pikir tidak semua media itu bener, walaupun mungkin di media tersebut sudah di cek pasti ada kesalahan dalam berita itu bisa dari kesalahan informasi.
Politik sendiri menurut saya di Indonesia ini belum bekerja dengan baik, karena jika dilihat dari prospek kerja nya banyak banget politik yang salah. Kita bisa liat dari kasus KPK yang banyak di Indonesia. Seharusnya dalam jabatannya yang tinggi pemerintah harus bisa mengayomi dan menjaga masyarakat nya bukan malah memakan uang rakyat untuk diri nya sendiri. ini berita seperti ini yang bisa jadi bahan untuk media mengunggah dan memberi tahu kepada publik, karena memang fakta nya terjadi begitu.
ADVERTISEMENT
Saya setuju sekali kalau ada hukuman yang berat buat orang yang ngelakuin korupsi di negaranya sendiri. Sedangkan mereka ada di posisi itu juga karena suara dari rakyat. Heran sebenarnya, tidak ada untungnya juga yang ada buntung. Negara kita masih lemah untuk itu, karena mungkin masih banyak yang menggunakan uang untuk meringankan hukumannya.
Tetapi terkadang saya sering melihat politik elite yang memiliki media televisi swasta sendiri dan saat pemilihan umum. Media ini seperti menyudutkan lawan dari politik ini dengam engunggah setiap permasalahan yang terjadi pada lawannya dan sampai menggiring opini masyarakat. Menurut saya sebenarnya sudah biasa dalam persaingan pemilihan partai, tetapi seharusnya sebagai pemimpin yang baik di sini lebih adil saja dalam melakukan sesuatu siapa pun yang terpilih itulah suara yang mewakilkan masyarakat.
ADVERTISEMENT
Masyarakat juga tidak akan memilih pemimpin yang tidak bertanggung jawab jika harus sampai menggiring opini publik ke hal negatif tidak etis untuk dilakukan. Seharusnya para elite politik yang mempunyai media massa harus menggunakan media massa nya dengan baik dan berimbang dalam pemberitaan sosialisasi politiknya dan memperbaiki kinerjanya.
Karena perkembangan zaman teknologi yang semakin maju dan sumber informasi yang sangat cepat dan berita sangat dibutuhkan dan sangat cepat diperoleh masyarakat. Di era masa kini masyarakat tidak lagi kesulitan dalam mencari berita tetapi balik lagi ke masyarakat, apakah masyarakat itu bisa memahami berita yang ada? Di mana berita yang sesuai fakta yang terjadi? Dan berita mana yang menggiring opini publik ke hal negatif? Berita yang menurut masyarakat itu penting maupun berita mana yang menarik untuk disimak. Maka dari itu dibutuhkan media massa yang dapat memberikan laporan berita yang faktual, tajam dan tepercaya.
ADVERTISEMENT
Menurut saya media saat ini jangan terlalu berpihak pada politik elite sehingga menutupi keburukannya dan tidak memberikan berita fakta namun harus menjadi media yang berisi tentang fakta yang memang benar terjadi dalam politik. Media sendiri bisa untuk jembatan bagi masyarakat untuk menyalurkan informasinya agar terciptanya pemerintah yang bersih, cerdas dan bijaksana.
Sebenarnya media ini tidak selalu menyorot kepada politik saja, namun saya lebih memfokuskan pada politik. Selain dalam kinerja politik, media sendiri selalu menyorot kepada keadaan saat demo. Demo yang berhubungan dengan politik kita. Bisa kita lihat saja demo saat pengesahan RKUHP di situlah media itu berperan penting dan media juga mendapatkan banyak bahan berita. Setiap daerah dan kota melakukan demo demi tidak disahkan peraturan RKUHP.
ADVERTISEMENT
Selain media televisi yang sering digunakan untuk menyebarluaskan berita tentang politik, terkadang saya membaca juga di koran-koran, namun yang lebih tersorot itu pada media televisi, karena tingkat literatur masyarakat Indonesia yang tergolong rendah. Ada beberapa tapi tidak banyak, karena jika di televisi orang secara tidak sengaja pun jika beritanya menarik pasti mereka akan menontonnya.
Menurut saya menjadi media untuk di era sekarang ini mempunyai tanggung jawab yang sangat besar karena mereka harus menggali informasi di dalam politik atau lainnya, Memberikan informasi yang menarik kepada masyarakat. Menurut saya tujuan media tidak hanya untuk menyebarluaskan informasi mengenai dunia saja, namun bisa juga dalam hal politik dan lainnya. Dalam hal ini politik memanfaatkan media massa untuk menggiring opini publik. Opini atau saran publik itu sangat dibutuhkan, apalagi di era politik seperti ini.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan yang saya lihat berita yang ditayangkan oleh media massa itu mengenai politik, bisa berupa demo, kampanye, kinerja politik, kasus-kasus politik, dan itu semua memang penting sekali untuk diberitakan kepada masyarakat agar masyarakat juga bisa memberikan opini terbaik yang mereka punya dan bisa melihat bagaimana kinerja atau kehidupan dalam politik Indonesia. Masyarakat juga bisa melihat dan memilih pemimpin yang baik saat dilakukannya pemilihan umum.
Jadi inti dari tulisan ini bukan semata-mata untuk menjatuhkan politik di Indonesia, karena tidak semua politik di Indonesia seperti itu. Banyak sekali pemerintah yang memang menjalankan tugasnya dengan baik dan bertanggung jawab. Saran saya untuk media lebih bijak lagi dan lebih teliti lagi dalam memilih berita politik yang memang layak untuk disiarkan. Menurut saya, banyak sekali bahan berita tentang politik nantinya baik atau buruknya yang terjadi dan harus disebarluaskan melalui media massa ini.
ADVERTISEMENT
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020