kumparan
17 Mar 2019 22:13 WIB

Dibalik Mahalnya Senyum Orang Finlandia

Tahukah anda kalau orang Finlandia yang dikenal memiliki sikap dingin dan sangat tertutup terhadap orang lain, sebenarnya adalah orang yang memiliki kepribadian hangat?
ADVERTISEMENT
Finlandia yang terletak berbatasan dengan kutub utara, dikenal sebagai negara yang cuacanya sangat dingin. Tak hanya cuacanya, tapi juga sikap mereka yang dingin dan sangat tertutup jika bertemu dengan orang asing.
Tak seperti orang Eropa pada umumnya yang bersikap hangat, bagi orang Finlandia berjabatan tangan dianggap cukup sebagai sapaan kepada orang lain. Orang Finlandia sangat menjunjung tinggi privasi orang lain. Mereka tidak akan bertanya jika orang lain tidak bercerita. Sebaliknya, mereka tidak ingin hal-hal pribadi mereka menjadi konsumsi pembicaraan.
"Seorang sahabat dekat pun tidak akan bertanya mengenai kencan sahabatnya. jika salah satu dari mereka mengatakan dia akan berkencan, kecuali orang tersebut ingin menceritakannya sendiri," ungkap Reijo Lainela, warga Finlandia yang bekerja sebagai staf lokal di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Helsinki.
ADVERTISEMENT
Sikap irit bicara orang Finlandia ini membuat mereka terkesan sebagai orang yang sombong dan cuek. "Kami memang tidak suka berbicara panjang. Kalau bisa menjawab dengan hanya 'ya' dan 'tidak', untuk apa berbicara lebih panjang lagi?" sambungnya.
Menurutnya, karakter orang Finlandia yang tidak banyak bicara dipengaruhi oleh gaya kehidupan nenek moyang mereka yang dulunya tinggal di hutan dan hidup berjauhan. "Hal itu membuat kami jarang berbicara dengan satu sama lain," lanjutnya.
Sekitar 76 persen dari 338.145 kilometer persegi luas wilayah Finlandia didominasi oleh hutan. Sementara jumlah penduduk Finlandia hanya sebanyak 5,5 juta orang dengan luas wilayah seluas itu.
"Mungkin itu sebabnya penemu short messaging service (SMS) adalah orang Finlandia, Matti Makkonen, karena karena kami terlalu malas berbicara secara langsung," ujar Ulla.
ADVERTISEMENT
Orang Finlandia tidak suka orang lain berdiri terlalu dekat, bersuara terlalu keras dan bersikap terlalu ramah. Sebisa mungkin mereka tidak melakukan kontak mata dengan orang lain saat berada di tempat publik seperti pada saat menaiki trem, bus atau kereta.
Walau terkesan bersikap dingin dan cuek, namun jika Anda berhasil mencuri hati orang Finlandia, mereka akan menjadi sangat hangat dan loyal. Apa tandanya? Jika Anda sudah menerima ajakan untuk bersauna, berarti Anda sudah sukses mencuri hati orang Finlandia.
Ingin mengetahui lebih lanjut mengenai tipikal dan kebiasaan orang Finlandia lainnya? Berikut beberapa hal yang perlu anda ketahui.
1. Tergila-gila pada Sauna
Sauna mungkin merupakan salah satu tradisi sakral bagi masyarakat Finlandia. Sauna dianggap sangat penting, sepenting roti dan mentega. Bagi orang Finlandia yang karakternya cenderung tertutup, sauna bisa dijadikan sebagai momen untuk bercerita soal kehidupan pribadi karena ruangan itu dianggap privat dan aman. Kebiasaan melakukan sauna, setidaknya satu kali dalam seminggu, menggambarkan mengapa hampir semua rumah atau apartemen di Finlandia memiliki ruang sauna.
ADVERTISEMENT
Sauna juga biasa dilakukan untuk negosiasi kepentingan bisnis karena tempat itu dianggap rileks dan membuat suasana menjadi cair. Bahkan di gedung parlemen Finlandia pun disediakan fasilitas sauna.
Sauna di kamar mandi apartemen. Sumber: foto pribadi
2. Sangat Terorganisir
Sebagian besar masyarakat Finlandia tergabung dalam asosiasi, baik formal maupun informal, untuk menyalurkan hobi mereka seperti klub olahraga, asosiasi menjahit atau memasak.
Sejumlah asosiasi sebenarnya dimulai dari pertemuan santai antara dua hingga tiga orang, tapi karena warga Finlandia suka dengan segala sesuatu yang teratur dan terdaftar, mereka biasanya langsung mendaftarkan perkumpulan tersebut ke dinas setempat.
3. Jujur
Orang Finlandia dikenal sebagai pribadi yang jujur. Jika ada seseorang yang meninggalkan tas di kursi karena hendak ke toilet atau dompet anda tertinggal di halte bus, biasanya isi tas tersebut akan tetap utuh dan dompet yang tertinggal akan tetap berada di posisi yang sama pada saat anda meninggalkannya.
ADVERTISEMENT
4. Loyal
Menjalin hubungan dengan orang Finlandia memang bukan sesuatu yang mudah untuk dilakukan. Tetapi sekali anda berhasil mendapat kepercayaannya, mereka akan sangat setia kepada anda dan tidak akan segan memberikan bantuan apa saja semaksimal mungkin. Namun, hal itu tidak terjadi sekejap, orang Finlandia membutuhkan waktu untuk mengenal dan mempercayai seseorang.
5. Doyan Membaca
Walau teknologi sangat maju serta akses internet sangat mudah dan cepat didapatkan, warga Finlandia masih menyukai gaya tradisional membaca buku atau majalah di perpustakaan. Jika Anda memiliki waktu di akhir pekan, berkunjunglah ke perpustakaan di lingkungan tempat anda tinggal. Anda akan melihat perpustakaan ramai dikunjungi orang, baik tua dan muda, sibuk membaca. Kesadaran membaca yang tinggi ini mungkin menjadi salah satu alasan mengapa tingkat bebas buta huruf mencapai hampir 100% di Finlandia.
Kartu perpustakaan di Finlandia. Sumber: dokumen pribadi
Demikian beberapa tipikal dan kebiasaan orang Finlandia. Selamat berteman dengan mereka ya...
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan