kumparan
News3 Maret 2019 22:01

Menyambangi Kota Rovaniemi, Kampungnya ‘Joulupukki’ di Kutub Utara (1)

Konten kiriman user
suasana kampung santa claus di malam hari.jpg
Suasana Kampung Santa Claus saat malam hari (sumber: www.visitrovaniemi.fi)
The Official Hometown of Santa Claus. Begitu sebutannya, karena kota ini konon dikatakan sebagai tempat asal usul Santa Claus. Korvatunturi (Ear Fell) di Lapland adalah kota yang diperkirakan sebagai daerah asal Santa Claus. Tidak diketahuinya lokasi tempat tinggal Santa Claus secara pasti, menyebabkan Santa Claus mendirikan kantor pada tahun 1985 di Rovaniemi, ibukota Provinsi Lapland.
ADVERTISEMENT
Namun demikian, status Rovaniemi sebagai Kampung Santa Claus diterima secara resmi pada tahun 2010. Rovaniemi juga dikenal dengan sebutan 'Kota Es' karena musim dinginnya yang panjang dan sangat dingin.
Kota Rovaniemi menawarkan bermacam kegiatan menarik khas Finlandia kepada para pengunjung yang datang ke sana, seperti mengunjungi Kampung Santa Claus, berburu Aurora Borealis, midnight sun tour, reindeer sleigh ride atau husky sleigh ride, winter swimming, bermain ski, dan banyak lagi. Beragamnya kegiatan yang ditawarkan menjadikan Kota Rovaniemi sebagai salah satu daya tarik tujuan wisata di Finlandia.
Data yang dihimpun Pemerintah Kota Rovaniemi menyebutkan bahwa lebih dari 500.000 orang setiap tahunnya berkunjung ke Rovaniemi untuk menikmati keunikan yang ditawarkan. Khususnya, mereka yang ingin bertemu dengan Joulupukki, yang dalam bahasa resmi Finlandia, Suomi, berarti Santa Claus.
ADVERTISEMENT
Untuk ke Kota Rovaniemi, para pengunjung dapat menggunakan beberapa moda transportasi, seperti pesawat terbang atau kendaraan pribadi. Jika menggunakan pesawat, perjalanan memakan waktu sekitar satu jam dan dilanjutkan dengan menggunakan bus lokal, taksi, atau berjalan kaki sekitar delapan kilometer. Sedangkan jika menggunakan kendaraan pribadi, waktu perjalanan adalah sembilan jam.
Berikut ini kegiatan menarik yang dapat dilakukan ketika berada di Kota Rovaniemi:
1. Kampung Santa Claus
santa claus at the office.jpg
Santa Claus di kantornya, Kampung Santa Claus, Kota Rovaniemi (Dokumentasi: https://santaclausvillage.info/santa-claus/santa-claus-office)
Berada di dekat pusat kota, Kampung Santa Claus didesain secara modern dengan memamerkan toko-toko yang menjual cendera mata dan produk khas Finlandia. Salah satu hal yang sangat berkesan dari kampung ini adalah para pengunjung dapat bertemu langsung, dan bahkan berfoto bersama Santa Claus.
ADVERTISEMENT
Kampung Santa Claus buka setiap hari sepanjang tahun. Menjelang Natal, pada bulan November setiap tahunnya, setelah Santa Claus mengumumkan musim natal telah dibuka di Kampung Santa Claus, tempat ini akan menjadi sangat sibuk untuk menyambut para pengunjung yang ingin merasakan keajaiban natal yang sesungguhnya.
Kampung Santa Claus dikenal memiliki banyak atraksi yang menarik, seperti snowmobile tour, merasakan mengendarai kereta yang ditarik oleh husky--sejenis anjing Siberia--dan rusa kutub, hingga mendesain suvenir natal. Hal yang tak kalah menarik, pengunjung dapat menulis surat dan mengirimkannya kepada kerabat atau sahabat di mana pun berada melalui kantor pos yang ada di Kampung Santa Claus dan memperoleh cap atau stempel khusus Artic Circle. Cap atau stempel ini tidak tersedia di tempat mana pun, sehingga surat anda menjadi sangat unik dan spesial.
ADVERTISEMENT
Setiap tahunnya, kantor pos di Kampung Santa Claus menerima puluhan ribu surat dari berbagai negara di dunia. Tercatat 15 juta surat telah diterima dari 198 negara di Kantor Pos Pusat Santa Claus sejak tahun 1985, termasuk dari Indonesia. Surat-surat tersebut akan disortir oleh postal elves, dan surat yang terpilih akan dibacakan langsung oleh Santa Claus dan disiarkan melalui saluran televisi Santa. Menarik, bukan?
2. Berburu Aurora Borealis di Kota Rovaniemi
aurora borealis.jpg
Aurora Borealis (sumber: www.visitrovaniemi.fi
Kegiatan lain yang tak kalah menarik dari Kota Rovaniemi adalah kesempatan berburu Aurora Borealis. Aurora merupakan fenomena alam yang menyerupai pancaran cahaya yang menyala-nyala pada lapisan ionosfer dari sebuah planet, yang disebabkan oleh interaksi antara medan magnetik yang dimiliki planet tersebut dengan partikel bermuatan yang dipancarkan oleh matahari.
ADVERTISEMENT
Aurora hanya terjadi di daerah di sekitar kutub utara dan selatan. Aurora yang terjadi di daerah sebelah utara, seperti yang dapat dilihat di Kota Rovaniemi, dikenal dengan nama Aurora Borealis. Nama ini berasal dari nama Dewi Fajar Roma, "Aurora", dan nama Yunani untuk angin utara, "Boreas". Sedangkan menurut Bahasa Suomi, aurora disebut revontulet atau berarti fox fire, didasarkan pada legenda yang ada di Finlandia.
Di manakah lokasi terbaik untuk menyaksikan aurora di Kota Rovaniemi?
Terkenal karena memiliki lokasi dan kondisi yang memungkinkan pengunjung menyaksikan Aurora Borealis, Rovaniemi tak pelak ramai dikunjungi oleh turis mancanegara yang ingin berburu aurora.
Beberapa spot yang disarankan untuk menyaksikan aurora dengan baik, antara lain Artic Garden yang berada di belakang Museum Arktikum. Hanya berjarak 10 menit dari pusat Kota Rovaniemi. Lokasi lainnya adalah Ounasvaara Fell, tempat terbuka yang berjarak sekitar 45 menit dari pusat kota.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan