Pencarian populer
USER STORY

Admin Medsos Unit Kerja, Ujung Tombak Branding IPB University

Admin Medsos Unit Kerja, Ujung Tombak Branding IPB University Melalui Dunia Maya

Biro Komunikasi mengundang Pakar Ethnografi dalam Workshop Sosial Media

Admin media sosial (medsos) unit kerja menjadi ujung tombak branding IPB University di dunia maya. Hal ini disampaikan Kepala Biro Komunikasi IPB University, Ir. Yatri Indah Kusumastuti, M.Si saat memberikan sambutan dalam Workshop “Online Brand Effectiveness”, Senin (17/6) di Kampus IPB Dramaga, Bogor.

“Admin medsos unit kerja yang hadir sebagai peserta workshop ini sangat berperan penting dalam mensosialisasikan rebranding IPB University ke stakeholders internal dan eksternal unit kerja. Admin medsos khususnya website unit kerja dapat membantu penyebaran informasi rebranding IPB University dengan mem-visualisasikan melalui foto dengan daya tarik dan nilai berita tinggi. Kualitas foto juga sangat penting di sini untuk diunggah di medsos dan website. Setelah kegiatan ini kami berharap kita dapat bekerja sebagai cyber army-nya IPB,” ungkap Yatri.

Kepala Bagian Humas, Biro Komunikasi IPB University, Siti Nuryati, STP, M.Si menambahkan dalam rebranding IPB University perlu bekerjasama apik seluruh stakeholder IPB University terutama admin medsos/website unit kerja. “Tim Bagian Humas Biro Komunikasi IPB University siap bekerjasama dengan admin medsos untuk saling men-support kristalisasi perubahan rebranding IPB University ke stakeholder internal dan eksternal. Oleh karena itu kami mohon bantuan unit kerja untuk saling memberikan informasi keunggulan unit kerja baik prestasi, inovasi, agenda kegiatan dan informasi penting lainnya untuk bersama-sama kita olah menjadi produk informasi yang dapat meningkatkan citra dan reputasi institusi,” kata Siti.

Dalam kesempatan itu, Dr. Amalia E. Maulana dari Etnomark selaku narasumber menyampaikan, rebranding bukan sekedar marketing, membuat iklan atau melakukan penjualan dengan roadshow. Namun esensi dari marketing adalah the story you tell. “Marketing is no longer about the product you sell, but the story you tell. Bila internal institusi tidak satu suara dan satu pemahaman tentang suatu brand maka cerita brand kita menjadi macam-macam. Selain menyatukan pemahaman, tantangan rebranding saat ini adalah controlling of controller. Ini tidak mudah. Sebab di era digital saat ini interaksi antar stakeholder bersifat cair dan dengan mudah berkomentar apapun di medsos,” papar Amalia.

Lebih lanjut Amalia mengurai, inilah peran penting admin medsos sebagai agent of change rebranding IPB University. Saat ini, IPB University mempunyai tagline baru ‘Inspiring Innovation with Integrity’. “Sesungguhnya, keberhasilan nyata rebranding IPB University tidak sebatas masifnya sosialisasi rebranding IPB University ke masyarakat, namun terpenting lagi adalah tagline tersebut sudah terinternalisasi ke dalam agent of change rebranding. Masyarakat melihat dan merasakan tagline ‘Inspiring Innovation with Integrity” sudah melekat dalam diri agent of change rebranding dalam kehidupan sehari-hari,” jelas Amalia.

Salah satu bentuk upaya terinternalisasi tagline tersebut, menurut Amalia, admin medsos unit kerja IPB University secara rutin mem-posting konten-konten terbaik yang memperkuat tiga kata kunci tagline tersebut di seluruh saluran media digital dan non digital unit kerja. Selain itu, selalu menulis hashtag di media sosial #ipbuniversity, #rebrandingipb, dan #grandlaunchingipb dalam setiap postingan konten rebranding IPB University . “Upaya ini akan mempercepat penyampaian informasi dan pemahaman rebranding IPB University kepada publik,” kata Amalia. (ris)

Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.61