Dosen IPB University Berikan Pelatihan Pengelolaan Ekowisata Rendah Karbon

Akun resmi Institut Pertanian Bogor
Konten dari Pengguna
15 Agustus 2022 13:56
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita IPB tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Dosen Pulang Kampung IPB University Berikan Pelatihan Pengelolaan Ekowisata Rendah Karbon dan Bebas Sampah
zoom-in-whitePerbesar
Dosen Pulang Kampung IPB University Berikan Pelatihan Pengelolaan Ekowisata Rendah Karbon dan Bebas Sampah
ADVERTISEMENT
Guna mendukung pengelolaan ekowisata yang berkelanjutan secara sosial, ekonomi dan ekologi, tim Dosen Pulang Kampung IPB University berikan pelatihan kepada pengelola Ekowisata Bale Mangrove dan masyarakat sekitar di Dusun Poton Bako, Desa Jerowaru, Lombok Timur, (11/8).
ADVERTISEMENT
Kegiatan dengan tema Pengelolaan Ekowisata Rendah Karbon dan Bebas Sampah ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh tim dosen IPB University yang diketuai oleh Dr Eva Anggraini dengan anggota Dr Meti Ekayani dan Dr Eka Intan Kumala Putri.
Di dalam pelatihan tersebut, tim dosen IPB University menjelaskan konsep ekowisata rendah karbon dan bebas sampah dengan menerapkan skema deposit refund. Konsep ini bertujuan untuk meningkatkan kontribusi ekowisata terhadap pengurangan emisi karbon melalui pengembangan atraksi yang ramah lingkungan serta pengelolaan sampah secara partisipatif. Konsep ini melibatkan pengunjung wisata, pengelola serta masyarakat sekitar yang mendukung kegiatan wisata.
“Selain itu, pelatihan ini juga mencakup muatan Sapta Pesona untuk meningkatkan pemahaman pengelola wisata dan masyarakat sekitar untuk menciptakan suasana ekowisata yang aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah, memberikan kenangan,” ujar Dr Eva.
ADVERTISEMENT
Menurutnya, kegiatan pengabdian masyarakat ini juga mencakup pendampingan kepada pengelola ekowisata untuk bisa menerapkan konsep ekowisata rendah karbon dan pengelolaan sampah melalui skema deposit refund. Tentunya kerjasama dan dukungan pengunjung wisata juga sangat penting agar konsep ini dapat direalisasikan agar kegiatan ekowisata dapat berkontribusi terhadap pengurangan emisi.
Lalu Nadhif, Kepala Dusun Poton Bako berterima kasih kepada tim Dosen IPB University karena telah memilih Bale Mangrove Poton Bako sebagai lokasi pengabdian masyarakat.
“Kegiatan ini menambah wawasan kami serta memberikan inspirasi untuk pengembangan Ekowisata Bale Mangrove ke depannya. Ekowisata Bale Mangrove yang diinisiasi oleh para pemuda dan masyarakat lokal ini telah membukakan peluang bagi pengembangan ekonomi lokal,” ujarnya.
Lukmanul Hakim, Ketua Pokdarwis Bale Mangrove menambahkan bahwa pelatihan ini tidak hanya memberikan pemahaman tentang Ekowisata Rendah Karbon dan Bebas Sampah namun juga memberikan ide-ide pengolahan sampah yang bisa menciptakan nilai tambah. (**/Zul)
ADVERTISEMENT
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·