DPMA IPB Sosialisasi Laporan Keuangan dan Substansi bagi Peserta Dospulkam 2024

Berita IPB
Akun resmi Institut Pertanian Bogor
Konten dari Pengguna
15 Mei 2024 14:10 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita IPB tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
DPMA IPB Sosialisasi Laporan Keuangan dan Substansi bagi Peserta Dospulkam 2024
zoom-in-whitePerbesar
DPMA IPB Sosialisasi Laporan Keuangan dan Substansi bagi Peserta Dospulkam 2024
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Direktorat Pengembangan Masyarakat Agromaritim (DPMA) IPB University menggelar sosialisasi yang bertujuan untuk menggali lebih dalam mengenai aspek pertanggungjawaban keuangan dan substansi dalam pelaksanaan program Dosen Pulang Kampung (Dospulkam) tahun 2024.
ADVERTISEMENT
Acara ini menjadi sebuah langkah strategis dalam memperkuat pemahaman serta kesadaran para peserta program Dospulkam terhadap pentingnya tata kelola keuangan yang baik serta proses pelaporan yang transparan dalam mendukung keberhasilan program tersebut.
Sesi ini menjadi ajang bagi para peserta untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang bagaimana mengelola dana dan sumber daya yang diberikan secara efisien dan efektif, serta memastikan bahwa penggunaan dana tersebut memberikan dampak positif yang signifikan bagi masyarakat yang dilayani.
“Program Dosen Pulang Kampung hadir untuk menghargai para dosen, mereka dapat memanfaatkan pembiayaan yang telah difasilitasi IPB University untuk melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat, khususnya di tempat kelahirannya,” ucap Dr Supriyanto, Asisten Direktur Layanan Agromaritim dan Digital Farming, DPMA IPB University.
ADVERTISEMENT
Acara ini melibatkan narasumber yakni Niken Widyastuti, SE (Asisten Direktur Perbendaharaan, Direktorat Keuangan), Kusnadi, SE, MP (Asisten Direktur Perpajakan, Direktorat Keuangan), Widaryanti, SPi, MM (Kepala Bidang Audit Sumberdaya, Kantor Audit Internal) Lina Herlina, S.Kom, MKom (Lembaga Manajemen Informasi Dan Transformasi Digital).
Sosialisasi ini menonjolkan akan pentingnya memahami dan mematuhi regulasi keuangan, kewajiban perpajakan IPB University, prosedur audit terkait dana masyarakat dan pentingnya transparansi, serta penggunaan sistem Enterprise Resource Planning (ERP) Keuangan Skema Hibah yang terintegrasi dengan HRPortal untuk meningkatkan efisiensi dalam mengelola keuangan program.
Dalam sosialisasi ini, Niken Widyastuti, SE, MM mendorong para dosen penerima manfaat program Dospulkam untuk secara rutin melaporkan keuangan mereka melalui HR Portal IPB University dan menginputkan data keuangan setiap bulan.
ADVERTISEMENT
Terkait pencatatan laporan keuangan, Widaryanti selaku Kepala Bidang Audit Sumberdaya, Kantor Audit Internal IPB University menambahkan, “Kami tidak bisa bekerja sendirian, namun kita perlu bekerja sama untuk mencatat pelaporan keuangan tepat waktu.”
Sosialisasi ini tidak hanya menjadi ajang bagi para peserta untuk memahami tata cara dan substansi dalam pengelolaan keuangan program Dospulkam, tetapi juga menjadi sebuah wadah untuk mendapatkan wawasan yang luas dan mendalam tentang pentingnya kepatuhan pada regulasi, transparansi, dan akuntabilitas dalam menjaga integritas serta keberlanjutan program-program pengabdian kepada masyarakat. (*/Rz)