Inovasi MPKMB Airlines, Menjelajah Kampus IPB University Secara Virtual

Akun resmi Institut Pertanian Bogor
Konten dari Pengguna
19 Agustus 2021 12:39
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita IPB tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Inovasi MPKMB Airlines, Menjelajah Kampus IPB University Secara Virtual (56363)
zoom-in-whitePerbesar
Inovasi MPKMB Airlines, Media untuk Menjelajah Kampus IPB University Secara Virtual
ADVERTISEMENT
Panitia Masa Pengenalan Kampus Mahasiswa Baru (MPKMB) IPB University meluncurkan inovasi baru yang disebut “MPKMB Airlines” dengan tema “Walk Around Your Faculty From Home”. MPKMB Airlines merupakan salah satu inovasi yang bertajuk jelajah virtual di dalam kampus IPB University. Inovasi ini dibuat dengan tujuan memperkenalkan fasilitas-fasilitas kampus untuk memudahkan mahasiswa baru mengetahui lebih dekat dengan fakultas masing-masing. Kehadiran MPKMB Airlines ini disambut dengan baik oleh para netizen sehingga menjadi trending di Twitter.
ADVERTISEMENT
MPKMB Airlines dikemas dengan cara berkeliling kampus secara virtual tour menggunakan kamera 360° dengan menampilkan panorama di mana pun mereka berada melalui penayangan di kanal YouTube MPKMB IPB. Dengan demikian, mahasiswa baru dapat merasakan sensasi mengelilingi IPB University tanpa harus datang secara langsung ke kampus.
Dengan berbekal smartphone atau laptop, akses YouTube, dan jaringan internet yang stabil, setiap mahasiswa sudah dapat menikmati virtual tour yang dilengkapi dengan virtual tour guide yang menjelaskan secara detail mengenai tempat-tempat yang dikunjungi. Virtual tour guide tersebut akan menyapa dengan hangat bagi mahasiswa, memberikan panduan sebelum memulai virtual tour, hingga ucapan selamat berkontribusi sebagai penanda berakhirnya tour dalam perjalanan MPKMB Airlines.
Rektor IPB University, Prof Arif Satria sangat mengapresiasi inovasi terkait peluncuran MPKMB Airlines. “Panitia MPKMB setiap tahunnya tak pernah berhenti berkreasi dalam meluncurkan berbagai inovasi, seperti halnya adanya MPKMB Airlines ini juga merupakan inovasi baru pada MPKMB tahun ini,” ujar Prof Arif Satria.
ADVERTISEMENT
Prof Arif Satria menegaskan, adanya MPKMB Airlines sangat membantu pengenalan kampus kepada mahasiswa baru secara online. “Trending ini salah satu bukti semangat mahasiswa baru mengenal kampus pertanian terbaik bangsa”, kata Prof Arif Satria.
Sementara itu, Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa IPB University, Langit Biru mengatakan, “Pandemi membuat mahasiswa baru IPB University angkatan 58 terkendala untuk dapat melihat kampusnya secara langsung, terutama bagi mereka yang domisilinya jauh dari kampus.”
Oleh karena itu, katanya, panitia MPKMB IPB University berusaha mengatasi permasalahan tersebut dengan menghadirkan inovasi virtual tour 360° lewat MPKMB Airline. Mahasiswa IPB University itu menyebut, MPKMB Airline merupakan inovasi yang tidak saja membuat para mahasiswa baru senang karena dapat mengenal kampusnya tanpa harus jauh-jauh datang ke Bogor, tetapi juga berhasil membuat warga IPB University bangga dan sukses membuat para alumni bernostalgia dengan masa-masa indah di kampus.
ADVERTISEMENT
Ketua pelaksana MPKMB IPB ke-58, M Hafizh Hibatullah juga mengungkapkan bahwa MPKMB Airlines merupakan inovasi yang bertujuan untuk memperkenalkan fakultas di IPB University on the next level. “Tidak hanya untuk mahasiswa baru angkatan 58, MPKMB Airlines ini juga untuk mahasiswa angkatan 56 dan 57 yang belum merasakan gedung perkuliahan fakultas dan departemen secara langsung,” ungkapnya. (*/RA)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020