Tentang KamiPedoman Media SiberKetentuan & Kebijakan PrivasiPanduan KomunitasPeringkat PenulisCara Menulis di kumparanInformasi Kerja SamaBantuanIklanKarir
2024 © PT Dynamo Media Network
Version 1.93.2
Konten dari Pengguna
IPB Gelar Training of Trainer Pembelajaran Daring untuk Dosen
10 Juni 2019 14:50 WIB
Tulisan dari Berita IPB tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan, Dr. Ir. Drajat Martianto, M.Sc membuka Training of Trainer (TOT) Pembelajaran Daring IPB melalui Blended Learning dengan Perspektif Pendidikan 4.0 yang diikuti 40 dosen, pada tanggal 20-21 Mei 2019 di Swiss-Belhotel, Bogor.
ADVERTISEMENT
“Program Utama Rektor IPB 2018-2023 di bidang pendidikan yang bertema ‘Education for Millenial Generation dilaksanakan melalui penyelarasan proses pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran daring-blended learning. Dalam rangka implementasi program tersebut, Direktorat Pengembangan Program dan Teknologi Pendidikan (Dit. PP dan TP) IPB mengadakan training ini dalam rangka Program Peningkatan Mutu Pendidikan Tinggi,” papar Dr. Drajat.
Menurut Dr. Drajat TOT ini digelar untuk mensosialisasikan rangkaian proses penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS), Rencana Pembelajaran Daring (RPD) dan Compact Materials Design sebagai Bahan Ajar yang laik di-upload ke NewLMS dan memutakhirkan keterampilan dosen dalam menyusun RPS dalam konteks pencapaian Learning Outcome, integrasi new literacy, dan digital learning. “Selain itu, memutakhirkan keterampilan dosen dalam menyusun RPD terintegrasi RPS dalam konteks capaian Learning Outcome melalui blended learning. Juga untuk coaching clinic penyusunan compact blended learning materials design yang di upload dalam sistem Newlms.ipb.ac.id,” jelasnya.
ADVERTISEMENT
TOT ini juga untuk memutakhirkan keterampilan dosen dalam teknik pembelajaran daring, terutama dalam peningkatan ragam dan penggunaan fitur moodle di newlms.ipb.ac.id. Di samping meningkatkan jumlah mata kuliah yang telah memutakhirkan penggunaan teknik dan fitur moodle, variasi pemaparan materi (tidak hanya materi dalam bentuk ppt/pdf tetapi juga dengan video dan audio lecture), video self-learning penunjang materi, kreativitas dan inovasi dalam penyajian materi dalam newlms.ipb.ac.id,” papar Dr. Drajat.
Luaran dari kegiatan ini diharapkan terjadi peningkatan jumlah dosen terlatih dan terampil dalam menyusun RPS dalam konteks pencapaian Learning Outcome, integrasi new literacy, dan digital learning, terampil menyusun RPD dalam konteks capaian Learning Outcome melalui blended learning, peningkatan jumlah compact instructional blended learning materials design yang di upload dalam sistem New LMS dan peningkatan jumlah dosen terlatih serta termutakhirkan dalam teknik pembelajaran daring melalui blended learning.
ADVERTISEMENT
Rektor IPB, Dr. Arif Satria dalam kesempatan itu memberikan pengarahan kepada para peserta kegiatan TOT. Selanjutnya para champion pembelajaran daring melalui blended learning dari kegiatan TOT ini akan menjadi fasilitator dalam kegiatan pemutakhiran pembelajaran daring bagi dosen IPB. (*/ris)