Konten dari Pengguna

Pimpinan IPB University Kunjungi NUS, Belajar Pengelolaan Riset dan Inovasi

Berita IPB
Akun resmi Institut Pertanian Bogor
12 Juni 2024 8:23 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita IPB tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Pimpinan IPB University Kunjungi NUS, Belajar Pengelolaan Riset dan Inovasi
zoom-in-whitePerbesar
Pimpinan IPB University Kunjungi NUS, Belajar Pengelolaan Riset dan Inovasi
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Rektor IPB University, Prof Arif Satria memimpin kunjungan pimpinan IPB University ke National University of Singapore (NUS) pada Jumat (7/6). Saat ini NUS berada di peringkat 8 QS World University Ranking. Oleh karenanya, pimpinan IPB University merasa perlu untuk belajar mengenai pengelolaan perguruan tinggi, termasuk pengelolaan riset dan inovasi.
ADVERTISEMENT
“Kami ingin belajar bagaimana NUS melakukan reformasi pendidikan, pengembangan riset hingga pengembangan inovasi dan jaringan usaha,” ungkap Prof Arif Satria.
President NUS, Prof Tan Eng Chye, sebaliknya menyampaikan keinginan untuk dapat belajar lebih banyak dari IPB University. Ia tertarik menjalin kolaborasi bersama IPB University terkait riset-riset bidang pertanian dan kehutanan. Hal itu mengingat IPB University adalah perguruan tinggi terbaik di Asia Tenggara dalam bidang pertanian dan kehutanan.
Setelah pertemuan utama, dilakukan pula pertemuan lanjutan dalam bentuk diskusi kecil berdasarkan topik khusus. Diskusi dilakukan oleh para dekan dan para kepala lembaga riset internasional IPB University bersama pimpinan sejumlah fakultas dan pusat riset NUS.
Topik-topik yang dibicarakan di antaranya adalah tropical marine science, blue carbon, forest and carbon, climate change, mega city, optical physics, biotechnology, laboratory animal facility dan start up, entrepreneurship. Dari diskusi ini dihasilkan sejumlah kesepakatan penyelenggaraan bersama sejumlah workshop serta kolaborasi riset antara IPB University dan NUS Research Center.
ADVERTISEMENT
Pada kesempatan ini, sejumlah pimpinan IPB University berkunjung ke Kedutaan Besar RI di Singapura. Rombongan diterima langsung oleh Duta Besar (Dubes) RI untuk Singapura, Suryopratomo. Dalam sambutannya, Dubes Suryopratomo yang merupakan alumnus IPB University menyampaikan harapannya agar IPB University dapat bekerja sama lebih erat dan berkontribusi lebih besar dalam riset-riset bersama universitas di Singapura.
Kesempatan kunjungan kerja ini diikuti oleh para wakil rektor, sekretaris institut, para dekan, para kepala lembaga riset internasional dan kepala badan. Kunjungan ini memberikan inspirasi bagi pengembangan dan kemajuan IPB University ke depan. (*/Rz)