SKHB IPB Bekali Mahasiswa Anestesi, Analgesia, Kualitas Hidup & Eutanasia Hewan

Berita IPB
Akun resmi Institut Pertanian Bogor
Konten dari Pengguna
24 Mei 2023 8:30 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita IPB tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
SKHB IPB Bekali Mahasiswa Anestesi, Analgesia, Kualitas Hidup & Eutanasia Hewan
zoom-in-whitePerbesar
SKHB IPB Bekali Mahasiswa Anestesi, Analgesia, Kualitas Hidup & Eutanasia Hewan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Sekolah Kedokteran Hewan dan Biomedis (SKHB) IPB University menyelenggarakan Kuliah Umum (20/5) bertempat di Ruang Aula Transformasi, Kampus Dramaga. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa semester delapan dan mahasiswa Program Pendidikan Profesi Dokter Hewan (PPDH). Kuliah umum bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada mahasiswa terkait anestesi, analgesia, kualitas hidup dan eutanasia pada hewan.
ADVERTISEMENT
Wakil Dekan SKHB IPB University bidang Sumberdaya Kerja Sama dan Pengembangan, Dr drh Andriyanto dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada sejumlah mitra, yakni Sintesia Animalia Indonesia, Animal Australia dan FarmedWell, sehingga Kuliah Umum ini dapat dilaksanakan dengan sukses.
"Topik seminar yang dipresentasikan hari ini sangat menarik dan penting, khususnya bagi mahasiswa dan dokter hewan. Penggunaan anestesi dan analgesia yang baik dan benar harus masuk dalam koridor kesejahteraan hewan,” tuturnya.
Dr Andriyanto mengungkapkan, kegiatan ini merupakan salah satu capaian kinerja yang akan dinilai oleh IPB University dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) yaitu berpeluang meningkatkan indeks kinerja (inbound) dengan mengundang pembicara dari 100 universitas top dunia.
“Dengan demikian, kita dapat meningkatkan prestasi SKHB IPB University, utamanya reputasi akademik. Harapannya, kuliah umum ini dapat memberikan pengetahuan tambahan bagi mahasiswa dalam rangka menjadi seorang dokter hewan,” ungkap Dr. Andriyanto.
ADVERTISEMENT
Acara ini juga dihadiri oleh perwakilan Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI), Ketua Persatuan Istri Dokter Hewan Indonesia (PIDHI), Principal Research in Animal Welfare, FarmedWell, Honorary Research Fellow, School of Human Sciences, University of Western Australia, Adjunct Senior Lecturer Veterinary Anaesthesia and Analgesia, Murdoch University.
Kuliah umum diikuti oleh sekitar 100 mahasiswa. Pemateri kali ini ialah Dr Gabrielle Musk dari Principal Research in Animal Welfare, FarmedWell, Australia yang menyampaikan materi tentang ’Veterinary Anaesthesia, Analgesia, Quality of Life, and Euthanasia’. (AP/Rz)