Tertarik Riset Biomedis Daewoong Pharmaceutical Kerja Sama dengan IPB University

Berita IPB
Akun resmi Institut Pertanian Bogor
Konten dari Pengguna
13 Juni 2024 10:03 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita IPB tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Tertarik Riset Biomedis Daewoong Pharmaceutical Kerja Sama dengan IPB University
zoom-in-whitePerbesar
Tertarik Riset Biomedis Daewoong Pharmaceutical Kerja Sama dengan IPB University
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
IPB University bersama Daewoong Pharmaceutical menandatangani memorandum of understanding (MoU). Jajaran pimpinan Daewoong diterima oleh Wakil Rektor IPB University bidang Konektivitas Global, Kerjasama dan Hubungan Alumni, Prof Iskandar Z Siregar. Acara MoU dilaksanakan Rabu (12/6) di Ruang Sidang Rektor, Kampus IPB Dramaga.
ADVERTISEMENT
“IPB University menyambut baik kerja sama ini. Dengan adanya diskusi kedua belah pihak, kita dapat membahas berbagai riset apa yang bisa dikembangkan dalam kerja sama antara IPB University dan Daewoong ke depannya,” ujar Prof Iskandar.
Dalam diskusi, Jaeseung Yoon, Chief Vision Officer, Chairman of Daewoong Pharmaceutical Co, Ltd membahas ketertarikannya terhadap riset biomedis yang dikembangkan oleh Pusat Studi Satwa Primata (PSSP) IPB University. Ia pun sempat mengulas teknologi yang dimilikinya dalam bidang gene editing, yang dapat diterapkan untuk produk pertanian ataupun peternakan.
Saat diskusi dibahas juga kemungkinan kerja sama dalam pertukaran tenaga ahli. “Daewoong sangat membutuhkan talent-talent muda cerdas dari IPB University,” ujar Jaeseung Yoon.
Kepala PSSP IPB University, Dr drh Huda Salahudin Darusman menguraikan bahwa Daewoong menawarkan beberapa topik riset biomedis. Tidak hanya itu, mereka berkeinginan pengembangan institut riset, pertukaran keahlian untuk mahasiswa dan dosen.
ADVERTISEMENT
“Daewoong akan memfasilitasi pendirian fasilitas khusus pengujian obat dan vaksin di IPB University yang fokus utamanya menggunakan primata. Dengan demikian, penelitian, training dari kerja sama ini akan menjadi fokus dari PSSP IPB University,” ungkap Dr Huda.
Selain itu, ia menyebutkan bahwa Daewoong juga sudah menguasai teknik gene editing, sehingga dapat menciptakan varietas baru tanaman dan ras baru hewan. Hal itu sangat berguna untuk pengembangan produk yang lebih baik, juga bisa digunakan untuk pengobatan. Hal ini, sebut dia, dapat menjadi kerja sama selanjutnya antara Daewoong dan IPB University.
“Saya berharap dengan adanya kerja sama IPB University dengan Daewoong yang merupakan perusahaan obat-obatan, vaksin tertua dan terbesar di Korea Selatan ini, akan ada teknologi transfer yang berupa gene editing, pengembangan obat, hingga varietas baru baik bidang peternakan atau pertanian, juga ada fasilitas yang bisa di kembangkan untuk join work,” sebut Dr Huda.
ADVERTISEMENT
Jajaran pimpinan Daewoong yang hadir di antaranya adalah Jaeseung Yoon (Chief Vision Officer, Chairman), Seongso Park (President, CEO), Goo Jang (Professor of Seoul National University, Veterinarian Departement), Jaechun Yoon (Vice Chairman), Joonseok Park (Chief of Drug Discovery Center), Jaehak Ryu (Executive Director of Bio R&D Division), dan Junghyun Yang (Senior Manager of Bio Strategy and Planning). (dh/Rz)