Contoh Biodata Diri yang Menarik Bagi Fresh Graduate

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
2 Februari 2022 9:48 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi contoh biodata diri yang menarik, sumber gambar oleh Biljana Jovanovic dari Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi contoh biodata diri yang menarik, sumber gambar oleh Biljana Jovanovic dari Pixabay
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Biodata merupakan dokumen pribadi yang memberikan keterangann mengenai data pribadi yang akurat dan biasanya digunakan untuk melamar pekerjaan, mendapatkan beasiswa atau yang lainnya. Dengan memberikan biodata diri pada perusahaan yang akan kita lamar pekerjaannya, diharapkan recruiter atau HRD perusahaan tersebut dapat mengenali kita dan mempertimbangkan untuk memangil kita diproses selanjutnya. Apakah ada contoh biodata diri yang menarik bagi fresh graduate, yang mudah dibuat?.
ADVERTISEMENT

Contoh Biodata Diri yang Menarik

Ilustrasi contoh biodata diri yang menarik, sumber gambar oleh Oli Lynch dari Pixabay
Bagi fresh graduate membuat biodata yang menarik agar dilirik perusahaan saat melamar pekerjaan adalah hal yang sangat penting. Karena, hal pertama yang biasa dilihat oleh seorang recruiter perusahaan adalah biodata.
Dikutip dari buku Bahasa Indonesia Super Lengkap, Indriyana dan Handayaningsih, (2015) pengertian biodata adalah dokumen atau keterangan yang berisi dari diri disertai alamat pos, alamat email, nomor kontak, dan nomor rekening. Selain itu juga bisa ditambahkan informasi seperti pengalaman, prestasi, kompetensi, pekerjaan, buku yang pernah ditulis dan lain-lain.
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membuat biodata, terutama bagi fresh graduate agar biodata yang dibuat terlihat menarik. Yang pertama adalah pemakaian bahasa atau pemilihan kata. Karena biodata digunakan untuk surat menyurat formal, bahasa atau kata-kata yang digunakan pun harus baku dan mudah dipahami.
ADVERTISEMENT
Yang kedua, adalah pemilihan font yang tepat, sangat disarankan untuk menggunakan font yang sederhana, namun menarik dan tentunya enak untuk dilihat. Contoh font untuk biodata adalah arial, calibri, cambria, dan booq antiqua.
Yang ketiga adalah susunan atau struktur biodata pastikan untuk mengurutkan susunan-susunan ataupun struktur dari data diri bisa dimulai dari data-data yang lebih luas.
Untuk lebih jelasnya berikut adalah contoh dari biodata diri yang menarik untuk fresh graduate:
ADVERTISEMENT
Itulah contoh biodata diri yang menarik bagi fresh graduate, yang mudah dan dipraktis untuk diterapkan saat berencana melamar pekerjaan. (WWN)