Pentingnya Penggunaan Bahasa Inggris dalam Dunia Kerja

Niki Lionita
Mahasiswi Akuntansi Universitas Pamulang
Konten dari Pengguna
6 Oktober 2021 15:14 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Niki Lionita tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Sumber : istockphoto.com
zoom-in-whitePerbesar
Sumber : istockphoto.com
ADVERTISEMENT
Bahasa Inggris adalah salah satu dari sekian banyak bahasa yang ada di dunia. Bahasa Inggris menjadi bahasa internasional yang digunakan oleh banyak negara. Sebagian negara memberlakukan bahasa inggris sebagai bahasa kedua sesudah bahasa nasional mereka karena peran bahasa inggris sebagai alat komunikasi di seluruh dunia. Ketika kepala pemerintahan saling bertemu, mereka akan menggunakan bahasa inggris untuk berkomunikasi. Begitu pula dengan orang-orang dari negara yang berbeda saling bertemu, mereka akan menggunakan bahasa inggris untuk berkomunikasi.
ADVERTISEMENT
Belajar bahasa inggris sangat penting untuk masa depan salah satunya dalam dunia kerja. Orang-orang yang memiliki kemampuan berbahasa inggris akan berada diurutan teratas dalam bursa tenaga kerja. Di era global yang penuh dengan persaingan ketat ini, setiap orang disarankan tidak hanya berpendidikan tinggi, namun juga dituntut memiliki skill khusus. Bahasa inggris merupakan hard skill yang paling dasar yang harus dikuasai. Meski tidak semua perusahaan mewajibkan para pekerjanya mahir berbahasa inggris, namun hal tersebut dapat menjadi “nilai jual” bagi karyawan dan peluang kariernya akan lebih unggul dibandingkan karyawan lain.
Selain menjadi nilai jual bagi karyawan, bahasa inggris yang mumpuni juga dapat menambah wawasan karyawan karena karyawan dapat mengakses berbagai informasi tak hanya dari Indonesia, melainkan dari negara-negara lain.
ADVERTISEMENT
Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk belajar bahasa inggris. Contohnya seperti membaca kamus atau buku lain yang menggunakan bahasa inggris, menonton film luar negeri yang menggunakan bahasa inggris dan dilengkapi dengan subtitle, mendengarkan musik dll. Setelah itu mencoba berkomunikasi dengan orang lain menggunakan bahasa inggris. Jika merasa sudah mahir, silahkan mengikuti tes TOEFL untuk menguji kemampuan bahasa inggris yang dimiliki.
Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan betapa pentingnya bahasa inggris dalam dunia kerja. Bahasa inggris tidaklah sulit untuk dipelajari, tetapi tergantung seberapa tekun kita dalam mempelajarinya. Sebagai penerus bangsa, sudah sepatutnya kita mempelajari bahasa inggris, karena bahasa inggris dapat meningkatkan sumber daya manusia menjadi lebih baik lagi.