Emotional Numbness: Pernahkah Kamu Merasa Hampa dan Mati Rasa?

Mahasiswa Psikologi Universitas Brawijaya
Konten dari Pengguna
1 Desember 2022 19:39
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari NISRINA RIZQI FADILAH tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Emotional Numbness. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Emotional Numbness. Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
Hampir setiap dari kita pasti pernah merasakan hampa dalam beberapa titik kehidupan. Di mana seseorang merasa kosong saat menjalani aktivitas sehari-harinya. Sulit untuk mengungkapkan apa yang dirasa seperti tidak bisa merasakan senang di dalam situasi yang seharusnya bisa membuat kita senang. Kalau kalian merasakan hal tersebut, bisa jadi kalian mengalami yang namanya Emotional Numbness atau mati rasa secara emosional.
ADVERTISEMENT
Lalu, sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan Emotional Numbness? Untuk mengetahui lebih lanjut, yuk, simak penjelasan berikut ini.

Apa Itu Emotional Numbness?

Menurut Psikoterapis Mayra Mendez, Emotional numbness merupakan suatu bentuk proses mental dan emosional yang dialami seseorang dalam menutup perasaannya dan tidak dapat memberikan reaksi emosional terhadap lingkungan sekitarnya (Lindberg, 2022). Seseorang merasa hampa sehingga sulit dalam mengungkapkan emosi yang dirasakannya. Dapat dikatakan pula seseorang itu tidak mengerti bagaimana emosinya sendiri, apakah ia sedih, senang, marah dan sebagainya. Biasanya, orang yang mengalami hal ini akan kesulitan ketika berinteraksi dengan orang lain.
Emotional numbness dapat terjadi ketika sistem limbik dipenuhi oleh hormon stres. Area otak di sini berhubungan dengan pengaturan emosi dan juga memori. Situasi stres yang tinggi membebani emosi kita dan membuat fisik mudah lelah. Hal inilah yang menyebabkan perasaan terkuras dan berpotensi jadi mati rasa. (Lebow, 2021)
ADVERTISEMENT
Kondisi seperti ini sering dijadikan sebagai salah satu bentuk mekanisme pertahanan diri (Coping Mechanism) yaitu strategi untuk mengurangi rasa sakit emosional yang tidak menyenangkan seperti kekecewaan dan kesedihan. Coping mechanism ini memang bisa membuat kita merasa lebih lega, namun jika dilakukan dalam jangka waktu yang lama, akan kurang baik bagi diri kita, karena kita semakin sulit untuk mengenali dan mengekspresikan emosi.

Lalu, Apa Penyebab Emotional Numbness?

Terdapat beberapa alasan terjadinya emotional numbness, yaitu:
1. Kecemasan
Tingkat kecemasan yang tinggi dapat membuat seseorang menghindari emosi-emosi positif dan negatif. Perasaan cemas ini bisa terjadi juga karena permasalahan yang menumpuk sehingga menguras energi kita.
2. Stres berkepanjangan
Stres yang berkepanjangan dapat memicu munculnya hormon stres di otak yang tidak terkendali. Hormon stres ini juga dapat memengaruhi suasana hati. Penderita bisa menjadi sangat kelelahan.
ADVERTISEMENT
3. Post-Traumatic Stress Disorder (PTSD)
Seseorang akan menjadi mati rasa emosional disaat ia berusaha mengelola rasa sakit yang dideritanya. Bagi yang mengalami PTSD, emotional numbness ini dijadikan cara untuk menghindari dan melupakan peristiwa traumatis yang dialaminya.
4. Depresi
Seseorang yang mengalami depresi kemungkinan kurang mampu untuk menyesuaikan diri mereka dengan perasaan dan lingkungannya. Ketika mengalami depresi, perasaan dan hati tidak menyatu, sehingga penderita akan sulit mengungkapkan emosinya.
5. Pemakaian obat-obatan
Penggunaan obat akan memengaruhi cara kerja otak kita. Sebuah studi tahun 2017 menunjukkan bahwa 46% peserta penelitian mengalami mati rasa emosional sebagai efek samping pengobatan. Klasifikasi antidepresan yang paling sering ditemui ialah Serotonin and Norepinephrine Reuptake Inhibitor (SNRI).

Seperti Apa Sih Gejalanya?

Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Foto: Shutterstock
Berikut tanda-tanda atau gejala dari emotional numbness:
ADVERTISEMENT
• Sulit merasakan dan mengekspresikan perasaan (bahagia, sedih, marah, kesal, dll)
• Kehilangan minat pada aktivitas yang biasanya senang dilakukan
• Merasa terisolasi, tidak mau terbuka dengan lingkungan sekitar
• Merasa datar, baik secara fisik maupun emosional
• Mengalami perasaan hampa, tidak fokus, bahkan putus asa
• Tidak bisa menerima perasaannya sendiri
Apakah kamu merasakan hal tersebut?

Cara Menghadapi Emotional Numbness

Perlu diketahui bahwa emotional numbness bukanlah suatu gangguan psikologis yang permanen atau terjadi dalam waktu lama. Penderita dapat melewati masa-masa ini dengan melakukan perawatan dan mampu menghadapinya dengan baik.
Pertama, seseorang yang mengalami mati rasa emosional butuh yang namanya support system. Dengan memiliki support system entah itu teman atau keluarga, akan membuat seseorang perlahan terbuka dan tidak merasa sendirian. Selain itu, kita memiliki tempat untuk bercerita dan mendapatkan dukungan. Kedua, melakukan aktivitas yang disukai, cobalah melakukan aktivitas fisik seperti bersepeda, berenang, olahraga lari, yoga dan lainnya yang mampu membantu menghindari stres. Ketiga, berani menghadapi kenyataan yang ada, salah satunya dengan mindfulness seperti berdialog dengan diri sendiri, meditasi, menulis untuk menggambarkan apa yang dirasakan dan jangan mengabaikan emosi kita. Keempat, belajar untuk mengelola stres. Stres memang tidak bisa dihindari, namun kita bisa mengelolanya agar tidak mengganggu kesehatan mental. Kelima, istirahat dan tidur yang cukup. Terakhir, kalau diri kamu dan lingkungan sudah tidak bisa membantu untuk merasa lebih baik, carilah bantuan profesional ke psikolog, agar mendapatkan solusi dan tertangani dengan tepat.
ADVERTISEMENT
Nah, dari penjelasan di atas dapat disimpulkan, kita harus merasakan setiap emosi yang hadir, terima apa pun yang terjadi dan ekspresikan apa yang kamu rasakan. Jangan sampai kamu tidak mengenal dirimu sendiri. You are so much stronger than you think.
Referensi:
Goodwin, G. M., Price, J., De Bodinat, C., & Laredo, J. (2017). Emotional blunting with antidepressant treatments: A survey among depressed patients. Journal of Affective Disorders, 221, 31–35. https://doi.org/10.1016/j.jad.2017.05.048
Isnaini, A. (2022, Februari 23). Emotional Numbness, Saat Seseorang Merasa Hampa dan Mati Rasa. Satu Persen. https://satupersen.net/blog/emotional-numbness
Lindberg, S. (2022, November 07). What is emotional numbing? Verywell Mind. https://www.verywellmind.com/emotional-numbing-symptoms-2797372
Lebow, H. (2021, June 6). I Feel Nothing: How to Cope with Emotional Numbness. PsychCentral. https://psychcentral.com/depression/i-feel-nothing-emotional-numbness#_noHeaderPrefixedContent
ADVERTISEMENT
Kerig, P. K., Bennett, D. C., Chaplo, S. D., Modrowski, C. A., & McGee, A. B. (2016). Numbing of Positive, Negative, and General Emotions: Associations with Trauma Exposure, Posttraumatic Stress, and Depressive Symptoms Among Justice-Involved Youth. Journal of Traumatic Stress, 29(2), 111–119. https://doi.org/10.1002/jts.22087
editor-avatar-0
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020