Konten dari Pengguna

Stop Kecanduan HP, Mahasiswa KKN UNDIP Beri Edukasi: Ayo! Bijak Bermain Gadget

Nisyrina Rahmatina
Mahasiswa Teknik Komputer Universitas Diponegoro
13 Agustus 2024 15:30 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Nisyrina Rahmatina tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Foto Bersama Siswa-Siswi dan Wali Kelas, Sumber: Dokumentasi Pribadi
zoom-in-whitePerbesar
Foto Bersama Siswa-Siswi dan Wali Kelas, Sumber: Dokumentasi Pribadi
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Mahasiswa Program Studi Teknik Komputer dari Universitas Diponegoro pada tanggal 9 Agustus melaksanakan sebuah program Kerja Kuliah Nyata (KKN) untuk mencegah kecanduan gadget pada anak yang berjudul "Ayo! Bijak Bermain Gadget" dengan sasaran siswa-siswi kelas 6 SD 01 Lawangrejo.
ADVERTISEMENT
Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi sekaligus mengajak anak-anak untuk menggunakan gadget dengan bijak. Kegiatan ini dilakukan dengan memaparkan materi langsung di depan kelas dengan bantuan media poster oleh mahasiswa dan kertas yang dibagikan kepada siswa-siswi tersebut.
Pembagian Poster "Ayo! Bijak Bermain Gadget" Sebelum Kegiatan, Sumber: Dokumentasi Pribadi
Mahasiswa mengawali kegiatan dengan bertanya kepada siswa-siswi setempat seberapa banyak kah dari 18 murid yang sering menggunakan gadget. Pertanyaan tersebut mendapatkan respon hampir semua murid di dalam kelas mengacungkan tangan. Kemudian mahasiswa menyampaikan materi mengenai dampak positif dan negatif menggunakan gadget, serta langkah-langkah mencegah kecanduan gadget bagi anak-anak SD yang masih di bawah umur dan mudah terperngaruh oleh berkembangnya teknologi yang sangat mudah diakses sekarang ini.
Dalam kegiatan ini, mahasiswa memberi informasi tentang bahayanya kecanduan gadget di masa pertumbuhan baik dari segi fisik maupun mental dan bagaimana efeknya dalam jangka panjang nanti. Mahasiswa memberi saran mengenai apa yang bisa dilakukan untuk memanfaatkan gadget dengan lebih efektif, seperti menggunakan fitur screentime yang sudah tersedia pada gadget dan sosial media untuk menggali lebih dalam konten-konten yang berkaitan dengan hobi atau interest masing-masing anak.
Pemaparan Materi Edukasi, Sumber: Dokumentasi Pribadi
Program ini mendapat reaksi positif dari para siswa-siswi dan juga guru. Beberapa siswa terlihat sudah paham dan menyetujui poin-poin materi yang disampaikan. Diharapkan melalui program kerja ini, siswa-siswi dapat lebih bijak dalam menggunakan gadget dan memanfaatkan ketersediaan teknologi dalam kehidupan sehari-hari.
ADVERTISEMENT
Dengan terlaksananya program ini, bagi mahasiswa Teknik Komputer menunjukkan komitmennya dalam ikut serta memberikan pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat, sekaligus berkontribusi berarti dalam era digital saat ini.