Ini 4 Kegiatan 'Me Time' yang Biasa Saya Lakukan

Karyawan swasta, suka baca buku dan nonton pertandingan olahraga Pendidikan sastra Inggris di UIN Jakarta
Konten dari Pengguna
8 Oktober 2021 14:56
·
waktu baca 4 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Noval Kurniadi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Me Time (dok. pribadi)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Me Time (dok. pribadi)
ADVERTISEMENT
Kegiatan Me Time - Di tengah padatnya rutinitas sehari-hari, entah itu bekerja, kuliah, berbisnis atau bahkan mengurus rumah tangga, setiap orang pasti pernah mengalami kejenuhan. Pikiran terasa mumet dan bahkan adakalanya stres.
ADVERTISEMENT
Jika sudah mengalami hal ini, maka kita tidak bisa membiarkannya begitu saja. Kita harus paham bahwa rasa jenuh dan mumet yang datang melanda jadi pertanda bahwa kita butuh me time, yakni melakukan suatu kegiatan yang disukai seorang diri tanpa bersama orang lain. Tidak bisa dipungkiri bahwa sebanyak apa pun teman kita, kita juga butuh waktu sendiri untuk mengenal diri sendiri lewat kegiatan yang disukai.
Me time amat bermanfaat bagi siapa pun. Bukan hanya untuk menenangkan pikiran, me time juga perlu dilakukan untuk mengembalikan energi agar kesehatan mental tidak terganggu. Bagaimana pun, kita bukanlah robot sehingga perlu melakukan healing secara berkala kepada diri sendiri.
Nah, ngomongin soal me time, setiap orang punya caranya masing-masing. Melalui tulisan kali ini saya ingin bercerita beberapa me time yang biasa saya lakukan ketika merasa jenuh atau butuh energi.
ADVERTISEMENT

1. Membaca buku

Pertama adalah membaca buku. Inilah salah satu kegiatan me time saya saat ingin fokus dengan diri sendiri.
Saya suka banget dengan kegiatan ini karena saya telah membiasakannya dari kecil. Saking sukanya, saya bahkan sampai mengoleksi beragam buku di rumah, mulai dari novel, komik bahkan hingga buku dongeng. Beberapa di antaranya adalah novel karya Agatha Christie, komik "Detektif Conan", komik "Cells at Works" serta "A Game of Thrones"-nya George R.R. Martin.
Nah, berhubung saya orangnya random, saya tidak pernah menetapkan buku apa yang ingin dibaca saat melakukan me time. Pokoknya apa pun yang lagi kepengen dibaca dan terlintas di benak, maka saya akan membacanya. Seru aja soalnya tiap kali membaca kalimat demi kalimat serta lembar demi lembar, rasanya seru karena saya seperti berpetualang ke dunia imajinasi.
ADVERTISEMENT

2. Hang out ke mal

Sebagai anak Jakarta, enggak lengkap rasanya kalau enggak pergi ke mal. Padahal sih belum tentu beli sesuatu, tapi saya merasa main di mal sendirian bisa dijadikan sebagai sarana penyegaran otak. Rasanya enak aja ngadem kena AC kemudian lihat-lihat barang yang lagi dijual.
Dari berbagai aktivitas yang bisa dilakukan di mal, bagian paling favorit adalah saat mampir ke toko buku dan supermarket. Sebenarnya sih sudah tahu isinya apa saja karena sudah sering mampir. Tapi melihat produk-produk yang dipajang di rak rasanya memanjakan mata aja. Kalau ada yang menarik atau butuh untuk dibeli bakal dibeli, tapi kalau enggak maka saya hanya melihat-lihat saja.

3. Menonton film

Selain baca buku dan main di mal, saya juga sering melakukan me time dengan cara menonton film. Saya gak membatasi diri untuk nonton film tertentu sih sebenarnya. Tapi dari berbagai film, saya paling sering nonton film di Disney+ Hotstar. Biasanya sih streaming langsung. Tapi nanti saya juga berencana untuk nonton via IndiHome TV karena per 1 Oktober lalu mereka telah menyediakan layanan add-on.
ADVERTISEMENT
Saya suka nonton film-film di Disney+ Hotstar karena selain karena saya penggemar Disney dan bergabung dengan Komunitas Disneysia, konten-konten di sana juga lengkap bahkan mencapai 500 film dan konten eksklusif. Beberapa film atau tayangan favorit yang telah saya tonton di layanan tersebut adalah "Luca", "Godmothered" dan "High School Musical".

4. Berjalan kaki

Ini dia cara saya yang lain dalam melakukan me time. Ya, saya suka banget berjalan kaki dan berkunjung ke tempat baru. Meski kadang sampai harus keluar keringat dan kena terik sinar matahari, menurut saya kegiatan ini menyenangkan.
Saya merasa manfaat dari kegiatan ini. Selain menyehatkan, jalan kaki juga membuat saya peka dengan keadaan sekitar. Dengan berjalan kaki saya jadi lebih engeh dan pekadengan bangunan atau tempat yang ada di sekeliling saya.
ADVERTISEMENT
Jalan kaki bisa dilakukan di mana saja. Tapi kalau diminta sebutkan mana tempat favorit maka saya menyebutnya kawasan GBK. Saya enggak pernah bosan ke sana meskipun sudah pernah berulang kali.
Itulah di beberapa kegiatan me time yang biasa saya lakukan agar kehidupan pribadi dan kehidupan kerja seimbang. Kalau kamu biasanya suka melakukan apa saat me time?
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020