News
·
23 November 2020 11:17

Indonesia di Yunani

Konten ini diproduksi oleh Nurfika Wijayanti
Indonesia di Yunani  (565263)
Promosi makanan Indonesia di Yunani, 2019 dok. KBRI Athena
Pengalaman kami selama hampir 3 tahun bertugas di Yunani mengajarkan bahwa promosi budaya dan produk Indonesia di Yunani itu gampang-gampang susah. Gampang karena penduduk Yunani sangat mengenal Bali. Jika promosi dibuka dengan eksotisme Pulau Bali, penduduk Yunani langsung ‘ngeh’ dan menunjukkan minat tertarik.
ADVERTISEMENT
Hal ini menjadi tantangan tersendiri jika pengenalan Indonesia dimulai dari keunikan wastra nusantara maupun produk khas Indonesia, seperti tenun khas sumbawa dan kopi asal Indonesia. Perlu penjelasan yang lebih luas untuk menarik minat terhadap kain tenun maupun kopi tersebut.
Berbekal semangat mempromosikan Indonesia di Yunani, Kedutaan Besar RI (KBRI) Athena secara berkala menyelenggarakan kegiatan-kegiatan untuk mengenalkan budaya dan produk asli Indonesia melalui ajang pameran dagang, pameran budaya, serta resepsi diplomatik perayaan HUT RI. Berikut ini kami ingin berbagi cuplikan beberapa kegiatan promosi budaya dan produk Indonesia yang dilakukan KBRI Athena.
Mempertimbangkan saat ini kita semua tengah diadang pandemi COVID-19 yang mengakibatkan pembatasan sosial, seluruh kisah yang akan kami ceritakan didasarkan pada kegiatan promosi yang dilakukan pada tahun 2019.
ADVERTISEMENT

Promosi Seni Budaya

Salah satu gelaran pameran budaya kesenian Indonesia terbesar di Yunani adalah malam budaya bertajuk “Indonesian Night”. Kegiatan tersebut diselenggarakan di malam musim panas di panggung teater terbuka di pegunungan Attiko Alsos. Di tengah romantisme pegunungan tersebut, penari dari sejumlah grup kesenian di Indonesia tampil membawakan tari-tarian Indonesia.
Indonesia di Yunani  (565264)
Tari Topeng Telek dok. KBRI Athena
Indonesia di Yunani  (565265)
Penampilan grup kesenian Surya Gamelan di Attiko Alsos, 2019 dok. KBRI Athena
Pada penyelenggaraan di tahun 2019, KBRI Athena bekerja sama dengan Surya Gamelan komunitas Indonesia di Athena menampilkan sejumlah tari tradisional Indonesia, seperti Tari Janger, Tari Topeng Telek, dan Tari Gambir Anom. Penampilan meriah tersebut ditutup dengan seluruh pengunjung menarikan tari tor-tor bersama para penari.
Indonesia di Yunani  (565266)
Tari tor-tor bersama pengunjung dok. KBRI Athena

Promosi produk Indonesia

Dalam mempromosikan produk Indonesia, KBRI Athena kerap mengajak partisipasi aktif UKM Indonesia. Promosi produk Indonesia di Yunani banyak menyasar pasar kopi dan mebel. Kopi Indonesia terutama banyak diminati oleh pengunjung pameran karena memiliki cita rasa yang kuat dan proses produksinya dilakukan secara organik. Pada Athens Coffee Festival 2019, Indonesia menghadirkan kopi Mangarai Flores dari perusahaan Kamari dan kopi Lintong Sumatera oleh perusahaan Bella Coffee.
Indonesia di Yunani  (565267)
Varian kopi Indonesia di Athens Coffee Festival 2019 dok. KBRI Athena
Testimoni para pengunjung sangat baik terhadap kopi Indonesia. Hal ini terbukti dari tingginya animo pengunjung yang hadir pada saat kedua perusahaan Indonesia melakukan cupping.
Indonesia di Yunani  (565268)
Cupping pada Athens Coffee Festival 2019 dok. KBRI Athena
Momen perayaan HUT RI juga dimanfaatkan untuk promosi budaya Indonesia. Khusus perayaan HUT RI ke 74 pada tahun lalu, rangkaian promosi bertema “Culturage Heritage Show" tersebut dilakukan pada malam resepsi diplomatik serta undangan terbatas di Wisma Duta Besar.
ADVERTISEMENT
Fashion show ditampilkan karya tenun sumba yang didesain oleh Nita Seno Aji, motif etnik kontemporer rancangan Rudi Chandra dan gaun malam batik berhiaskan payet karya Malik Moestaram.
Indonesia di Yunani  (565269)
Tenun motif sumbawa karya Nita Seno Aji pada resepsi diplomatik HUT RI ke-74 dok. KBRI Athena
Para model dengan luwes membawakan hasil karya para desainer Indonesia menambah nilai artistik gaun yang ditampilkan.
Indonesia di Yunani  (565270)
Etnik kontemporer rancangan Rudi Chandra yang dibawakan dalam resepsi HUT RI ke-74 dok. KBRI Athena
Indonesia di Yunani  (565271)
Gaun malam batik payet karya Malik Moestaram yang ditampilkan kepada undangan terbatas di Wisma Duta Besar RI Athena 2019 dok. KBRI Athena
Semoga saja pandemi ini segera berlalu agar promosi budaya dan produk Indonesia bisa kembali dilakukan di mancanegara termasuk Yunani.
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white