Kenapa Punya Target Itu Penting?

Mahasiswi Universitas Pamulang Program Studi Sastra Indonesia
Konten dari Pengguna
19 Mei 2022 17:27
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Nurlaeli Khomsiyah tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Kenapa Punya Target Itu Penting? (33347)
zoom-in-whitePerbesar
https://www.istockphoto.com/photo/businessman-touching-virtual-dartboard-with-arrow-business-achievement-objective-gm1306669539-397184542
ADVERTISEMENT
Target adalah manifestasi dari harapan, mimpi, dan tujuan ke depan. Siapa pun kita dan apa pun yang kita lakukan tentu memerlukan sebuah target, karena dengan punya target kita jauh lebih bisa fokus, mau jalan di bagian yang mana, mau melakukan apa, dan kita tahu mana hal yang penting dan mana yang kurang penting.
ADVERTISEMENT
Akhir-akhir ini viral bangat disosial Media narasi yang menyebutkan bahwa “Usia 30 tahun sudah harus punya 1 miliar”,“Usia 25 tahun sudah harus punya A, B & C”. Apalagi dengan adanya teknologi digital yang makin membuat kita mudah untuk melihat pencapaian hidup orang lain dan menjadikan itu sebagai standar sukses kita, dan akhirnya target orang kita ambil dan kita copy paste dalam hidup kita, tanpa kita mau melihat sebenarnya potensi kita apa? kenapa target itu menjadi penting bagi kita? dan bagaimana cara mencapainya?
Alih-alih kita bisa mencapainya, kita malah brand out dan merasa bahwa memiliki target itu justru ga penting karena akan membuat kita stres sendiri. Di satu sisi pola pikir seperti ini ada benarnya, tapi disisi lain sering jauh lebih meyakini bahwa target itu penting untuk nge drift aktifitas dan keputusan keputusan kita.
ADVERTISEMENT
Target itu lah yang membedakan, mana orang yang produktif, dan mana orang yang sibuk. Target itu justru yang membuat kita bertumbuh setiap harinya.
Dan ini sangat me wajarkan, kalau orang tua kita sering mengatakan Dengan target hidup jauh lebih ter arah, karena kita akan tahu tahapan - tahapan yang harus kita lewati kita akan fokus bukan hanya pada hasil namun, juga mau melewati secara konsisten dalam berproses. Karena memulai sesuatu itu boleh jadi mudah bagi sebagian orang namun yang justru sulit adalah konsistennya.
Nah bicara soal ini, dari Michael porter yang mengatakan kurang lebih “ If a strategy meets a goal It’s working. If a strategy meets a target It’s a succes” - Michael Porter -
ADVERTISEMENT
Dengan kata lain ternyata punya target itu berkorelasi kuat dengan kesuksesan, karena definisi terkecil sukses itu adalah saat kita berpindah dari satu titik ke titik lainnya yang itu mendekati target atau goal kita. Artinya siapapun kita yang mengklaim diri kita ingin sukses dalam konteks apapun Having a target is a must. Memiliki sebuah target itu adalah keharusan.
Namun target itu tidak bisa disama kan antara satu orang dengan orang lain, setiap orang punya targetnya masing masing sehingga kadang target yang kita tetapkan belum tentu cocok dengan orang lain, dan begitu juga sebaliknya.
Kenapa dan bagaimana cara kita menetapkan Target
Ada tiga alasan kenapa kita harus punya target :
ADVERTISEMENT
  1. Say no to “Shiny Object Syndrome”. Di mana kita untuk cenderung fokus untuk mencapai hal-hal besar yang kita tidak tahu apakah itu sebenarnya yang kita butuhkan atau tidak.
  2. Take action properly. Target berlaku layaknya guide atau panduan untuk melangkah, saat menargetkan sesuatu maka kita akan terdorong untuk berjalan sesuai alur untuk mencapai target tersebut.
  3. Target make us feel good. Saat kita punya target kita didorong untuk berproses dan berprogres setiap harinya, sadar atau tidak ini akan bikin kita aktif, aktif untuk berpikir, bekerja, bergerak, dan aktif untuk melakukan untuk apa yang bisa kita lakukan guna mengejar full target tadi.
Cara setting target secara sehat
  1. Just Imagine First
  2. Tulis
  3. Smart goal setting
  4. Having strong why
  5. Temukan nilai dibalik target
ADVERTISEMENT
Nah itu lah mengapa pentingnya mempunyai Target dan beberapa tips tentang bagaimana cara menetapkan Target.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020