Orang Tua Merupakan Pendidik Bahasa dan Perilaku pertama pada Anak

Mahasiswi Universitas Pamulang, S1 AKUNTANSI
Konten dari Pengguna
17 Juni 2022 20:45
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Siti Nurlaila tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
https://pixabay.com/id/photos/nenek-anak-anak-laptop-myanmar-1822560/
zoom-in-whitePerbesar
https://pixabay.com/id/photos/nenek-anak-anak-laptop-myanmar-1822560/
ADVERTISEMENT
Keluarga merupakan lingkungan yang sangat berpengaruh besar terhadap perkembangan dan pertumbuhan seorang anak. Sebab, keluarga adalah guru pertama dan panutan bagi anak. Perilaku dan kepribadian seorang anak tergantung pada pendidikan yang diajarkan orang tuanya sejak kecil. Orang tua adalah tempat pertama anak-anak mendapatkan pengajaran agama maupun pengalaman pribadi. Dalam keluarga orang tualah yang pertama bertanggung jawab mendidik anak-anaknya dengan agama, moral dan bersosialisasi.
ADVERTISEMENT
Mayoritas anak-anak meniru apa yang telah diajarkan dan dicontohkan oleh orang tuanya, dan tidak sedikit juga orang tua terkadang berkata kasar dan melakukan kekerasan kepada anaknya ketika anaknya berbuat kesalahan sehingga anak memiliki karakter yang keras karena sering mendapatkan perlakuan yang tidak baik dari orang tuanya. Sebagai orang tua berikan kasih sayang dan pengertian ketika anak melakukan kesalahan, contohkan yang seharusnya ia lakukan dengan baik.
Sangat penting bagi orang tua untuk berbahasa dan mencontohkan yang baik kepada anak. Termasuk ketika anak melakukan kesalahan, beri selalu anak-anak nasihat agar mereka tidak salah arah dan ajarkan anak bagaimana berperilaku serta berkata yang baik secara perlahan. Misal, berikan contoh kepada anak ketika sedang memerlukan bantuannya dengan kata-kata yang lembut dan penuh kasih sayang, seperti "sayang, tolong ibu nak, ambilkan gelas itu" bukan dengan kata "ambilin gelas itu dong", mungkin maksudnya sama, namun ucapan yang pertama terkesan lebih santun dan penuh kasih sayang.
ADVERTISEMENT
Jika orang tua mengucapkan sesuatu dengan santun, hal itu mampu mendatangkan respon baik dan anak-anak menjadi terbiasa untuk berbicara santun kepada orang tuanya maupun kepada orang lain. Karena pembentukan Karakter Anak tergantung bagaimana orang tua mendidiknya, berikan atau tunjukan selalu sifat dan sikap positif orang tua kepada anak-anaknya sehingga anak tumbuh menjadi pribadi yang berbahasa dan berakhlak yang baik.
Tidak bisa disangkal orang tua memiliki tanggung jawab kepada anak-anaknya agar menjadi pribadi yang berakhlak baik. Idealnya orang tua harus berusaha dengan maksimal agar anak-anaknya berbudi perkerti dan berakhlakul karimah, tetapi memang faktanya sebagian besar orang tua tidak menjalankan perannya dengan baik.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·