Konten dari Pengguna

Merti Dusun, Tradisi Merayakan Hari Jadi Dusun yang Masih Lestari di Pakis Kulon

Nur Mulyaningsih
PR student at Universitas Mercu Buana Yogyakarta
30 April 2024 5:40 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Nur Mulyaningsih tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Grup Hadroh Dusun Pakis Kulon | Foto: Serafina Trixi
zoom-in-whitePerbesar
Grup Hadroh Dusun Pakis Kulon | Foto: Serafina Trixi
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Dusun Pakis Kulon, Magelang - Suasana khidmat sekaligus meriah menyelimuti Dusun Pakis Kulon, Magelang, pada Sabtu (27/4/2024) dalam perayaan Merti Dusun, yang umumnya diketahui sebagai perayaan hari jadi dusun. Acara ini digelar dengan serangkaian kegiatan berupa Pengajian Umum dan Halal Bi Halal PKK & Masyarakat Dusun Pakis Kulon. Acara ini dihadiri oleh seluruh warga dusun, ibu-ibu PKK Dusun Pakis Kulon, perangkat dusun dan desa, Pak KH. Usman Ali, serta mahasiswa MBKM Mandiri FIKOMM UMBY yang sedang melaksanakan program MBKM di Dusun Pakis Kulon.
Masyarakat Dusun Pakis Kulon yang Hadir dalam Pengajian Umum | Foto: Anggris Rahma
Acara Pengajian Umum dan Halal Bi Halal Dusun Pakis Kulon ini dimulai pada pukul 14.00 WIB, diawali dengan lantunan hadroh yang dibawakan oleh para pemuda dan bapak-bapak Dusun Pakis Kulon. Pembukaan acara kemudian diserahkan kepada ibu-ibu PKK Dusun Pakis Kulon yang dengan penuh semangat memandu jalannya acara.
ADVERTISEMENT
"Terimakasih atas kehadiran bapak ibu semua dalam acara pengajian dan halal bi halal Dusun Pakis Kulon. Semoga nanti tausiah yang akan disampaikan oleh KH. Usman Ali dapat bermanfaat dan menjadi berkah barokah bagi Desa Pakis terutama Dusun Pakis Kulon. Terimakasih juga kepda seluruh panitia yang telah mempersiapkan semua rangkaian acara sehingga acara dapat terlaksana dengan lancar.” Ungkap Ibu Sarah, selaku Ketua PKK.
Membuat momen semakin seru dan interaktif, ibu-ibu PKK turut menyelenggarakan kuis dengan hadiah menarik bagi dua orang yang berhasil menjawab pertanyaan dengan benar. Warga yang hadir pun tampak antusias mengikuti kuis tersebut. Selain itu, Ibu sarah juga menyampaikan rasa terimakasihnya terhadap PKK Desa dan PKK Dusun Pakis Kulon atas pencapaian juara dalam Lomba Desa Binaan mewakili Kecamatan Pakis di Kabupaten Magelang.
ADVERTISEMENT
Menjelang waktu ashar, KH. Usman Ali yang diundang untuk menyampaikan tausiah pada acara ini pun tiba di lokasi. Memulai ceramah dengan topik yang menghibur dan relate di kalangan masyarakat dusun, seluruh warga yang hadir tampak menyimak dengan sesekali tertawa atas kalimat menghibur yang dilontarkan oleh beliau.
KH. Usman Ali Ketika Menyampaikan Ceramah | Foto: Nur Mulyaningsih
Setelah ceramah selesai, acara ditutup dengan doa yang dipimpin oleh KH. Usman Ali, memohon berkah dan keselamatan bagi seluruh warga dusun. Penutupan acara kemudian diakhiri dengan lantunan hadroh yang kembali tampil terakhir kalinya untuk menutup acara Merti Dusun.
Dengan berlangsungnya acara Merti Dusun ini, warga Dusun Pakis Kulon berharap agar dusun mereka senantiasa dilimpahi keberkahan, kedamaian, dan kerukunan. Lebih dari itu, Merti Dusun Pakis Kulon menjadi pengingat pentingnya menjaga tradisi dan nilai-nilai luhur budaya, serta memperkuat keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.
ADVERTISEMENT