ERP Sebagai Sistem Informasi Manajemen dalam Meningkatkan Pengambilan Keputusan

Nurul Fauziyah Choliyati
Mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman
Konten dari Pengguna
20 September 2023 10:40 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Nurul Fauziyah Choliyati tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
https://www.shutterstock.com/image-photo/business-communication-network-concept-job-interview-1861853530
Di era globalisasi yang dimana teknologi sudah semakin canggih ini, para pelaku bisnis sudah sewajarnya sangat perlu menggunakan Sistem Informasi Manajemen sebagai alat bantu perusahaan dalam merencanakan, mengelola, serta mengendalikan bisnis mereka agar lebih efektif dan efisien. Tapi sebelum itu, kalian udah tau belum sih apa itu Sistem Informasi Manajemen dan bagaimana cara kerjanya? Nah, dalam artikel ini, kita akan membahas lebih jauh tentang apa sih Sistem Informasi Manajemen itu, apa saja komponennya dan bagaimana cara kerjanya.
ADVERTISEMENT
Sistem Informasi Manajemen atau yang dikenal dengan istilah SIM adalah seperangkat sistem yang dirancang memang untuk mengumpulkan, menyimpan, mengorganisasi, serta menyajikan informasi yang relevan bagi perusahaan dengan tujuan untuk membantu manajemen dalam perusahaan merencanakan dan mengambil keputusan yang paling tepat.
Sistem Informasi Manajemen sendiri memang sangat penting bagi pengelolaan perusahaan khususnya dalam pengambilan keputusan, pasalnya pengambilan keputusan bisnis yang tepat tersebut merupakan salah satu faktor kunci keberhasilan suatu perusahaan. Dimana keputusan yang tepat dapat membawa perusahaan menuju perkembangan yang berkelanjutan serta memberikan keuntungan yang besar bagi perusahaan, sedangkan keputusan yang salah dapat berdampak negatif pada kesehatan operasional dan reputasi perusahaan. Nah, maka dari itu, untuk mengambil keputusan yang akurat, perusahaan modern umumnya menggunakan Sistem Informasi Manajemen (SIM) sebagai alat penting dalam proses pengambilan keputusan. Salah satu sistem informasi yang banyak digunakan pada perusahaan adalah ERP atau Enterprise Resource Planning.
https://www.shutterstock.com/image-photo/businessman-using-computer-document-management-erp-2042771933
Apakah kalian pernah mendengar tentang ERP? bagi perusahaan skala menengah keatas mungkin sudah tidak asing lagi dengan ERP ini karena umumnya mereka sudah menggunakan software tersebut untuk mengelola operasional bisnisnya. Tapi sebenarnya apa sih ERP itu? ERP atau Enterprise Resource Planning adalah suatu jenis sistem informasi yang dirancang untuk membantu Perusahaan dalam mengelola berbagai aspek operasional bisnis mereka secara terintegrasi. Nah, tujuan dari ERP itu sendiri adalah memang untuk meningkatkan efisiensi dan mengoptimalkan penggunaan sumber daya serta kontrol atas seluruh proses bisnis.
https://www.shutterstock.com/id/image-photo/enterprise-resource-planning-erp-corporate-company-1166070679
Manajemen Proses Bisnis
ADVERTISEMENT
ERP dapat membantu mengotomatisasi dan mengelola seluruh proses bisnis yang dimana dimulai dari pengadaan hingga penjualan, Nah, hal itu memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan keefektifan dan mengurangi kesalahan manusia karena semuanya bekerja dalam suatu sistem yang terintegrasi.
Integrasi Data
ERP bisa mengintegrasikan data dari berbagai departemen dalam perusahaan, yang berarti bahwa informasi yang dihasilkan oleh berbagai macam departemen seperti produksi, penjualan, persediaan, keuangan, hingga SDM itu bisa diakses dan digunakan secara bersamaan oleh seluruh perusahaan. Hal tersebut dapat memastikan konsistensi informasi dan menghilangkan redundansi data (duplikasi data yang tersimpan dalam lokasi yang berbeda-beda).
Laporan dan Analisis
ERP menyediakan alat yang dapat menghasilkan laporan serta analisis berdasarkan data yang terkumpul. Hal ini tentu berguna banget untuk membantu manajemen dalam memahami tren yang ada, mengidentifikasi masalah yang mungkin muncul, membuat perencanaan hingga mengambil keputusan yang efektif. Dengan menggunakan ERP ini, perusahaan bisa memahami dan mengikuti tren yang ada sehingga dapat dipastikan perusahaan tidak akan ketinggalan zaman. Melalui ERP ini juga perusahaan akan dengan gampang menganalisis masalah-masalah yang timbul atau akan timbul kedepannya dan bisa dengan cepat memikirkan solusinya agar dapat terantisipasi.
ADVERTISEMENT
Tapi, meskipun Sistem Informasi ini memiliki banyak banget manfaat seperti yang telah disebutkan beberapa, kita juga harus memikirkan tantangan-tantangan yang bakal terjadi kedepannya. Contohnya seperti pencurian data dan penggunaan data untuk hal terlarang. Yups, dengan adanya sistem informasi ini berarti kita telah mempercayakan sepenuhnya data kita pada suatu sistem tersebut. dan sewaktu-waktu bisa saja data-data tersebut dicuri dan digunakan untuk hal-hal yang terlarang yang bisa merusak reputasi perusahaan bahkan orang-orang yang ada didalamnya. Meskipun kecil kemungkinannya, kita harus tetap memikirkan strategi agar data-data kita yang tersimpan dalam sistem tersebut bisa selalu terjaga dengan aman.