Dari Sedekah Minyak Jelantah, untuk Yatim Tersenyum

Lembaga pengelola ZISWAF dan inisiator Gerakan Sedekah Minyak Jelantah melalui program TERSENYUM - rumahsosialkutub.org
Konten dari Pengguna
14 September 2021 15:50
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Rumah Sosial Kutub tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Dari Sedekah Minyak Jelantah, untuk Yatim Tersenyum (29491)
zoom-in-whitePerbesar
Tim Rumah Sosial Kutub, Nanang Ardiansyah saat menyerahkan paket bantuan Yatim Tersenyum secara simbolis. Foto: Dok. Rumah Sosial Kutub
ADVERTISEMENT
Bertempat di Kecamatan Koja, Jakarta Utara, Rumah Sosial Kutub kembali melakukan kegiatan yang dihasilkan dari program kegiatan sedekah minyak jelantahnya. Diantaranya para penerima manfaatnya kali ini adalah para anak yatim dan walinya. Selain dihadiri tim Rumah Sosial Kutub, acara yang berlangsung kantor Kecamatan Koja ini juga dihadiri oleh Kasatpel Lingkungan Hidup Koja dan pengawas Bank Sampah Koja.
ADVERTISEMENT
''Ini merupakan tindak lanjut dari komitmen kami dalam melakukan pengelolaan dana dari sedekah minyak jelantah. Alhamdulillah, semoga dengan berbagai program penyaluran, termasuk penyaluran yang diberikan untuk anak yatim ini, kelak bisa meningkatkan animo masyarakat untuk bersedekah, termasuk bersedekah melalui minyak jelantah," jelas Nanang Ardiansyah, SPv. Program Sedekah Minyak Jelantah Rumah Sosial Kutub ketika melaksanakan kegiatan penyaluran bantuan.
Lanjut Nanang, untuk program penyaluran yang diberikan kepada anak yatim hari ini (14/9) diberi nama dengan bantuan Yatim Tersenyum. "Tentu kita ingin mereka juga berhak bahagia, berhak tersenyum. Selain itu memang tersenyum sendiri adalah singkatan dari terima sedekah minyak jelantah untuk mereka," imbuhnya.
Dari Sedekah Minyak Jelantah, untuk Yatim Tersenyum (29492)
zoom-in-whitePerbesar
Anak-anak, calon pemimpin masa depan bangsa. Foto: Dok. Rumah Sosial Kutub
Untuk membangun kepedulian kepada anak yatim, Rumah Sosial Kutub juga tidak hanya memberikan bantuan dari program sedekah minyak jelantah. Tetapi juga menyalurkan berbagai bentuk bantuan yang diberikan oleh para donatur. Khusus untuk anak yatim ini, Rumah Sosial Kutub juga mempunyai program yang dinamakan Yatim Teladan.
ADVERTISEMENT
Diantara program Yatim Teladan yang telah dilakukan adalah Belanja Lebaran Cinta Yatim (BLCY) yang merupakan program santunan untuk anak yatim dan dhuafa yang dikemas dengan kegiatan berbelanja bersama di pusat perbelanjaan menjelang Hari Raya Idhul Fitri. Ada juga program Paket Sekolah Cinta Yatim (PSCY) yang merupakan program santunan untuk yatim dan dhuafa berupa alat dan perlengkapan sekolah. Tujuannya untuk meringankan kebutuhan pendidikan. Program ini dilaksanakan menjelang masa tahun ajaran baru atau kenaikan kelas.
Selanjut ada Eduwisata Cinta Yatim (ECY) yang merupakan hadiah untuk yatim dan dhuafa. Kegiatan ini berupa rekreasi yang bertujuan untuk memberikan motivasi dan semangat kepada mereka agar terus belajar dan berprestasi.
Direktur Eksekutif Rumah Sosial Kutub, Suhito, menambahkan bahwa untuk program Yatim Teladan ini, biasanya setiap tahun ada 1.000 yatim dan dhuafa yang mendapatkan paket bantuan.
ADVERTISEMENT
"Apalagi di saat pandemi ini, salah satu dampaknya kita mendapatkan jumlah anak yatim yang semakin meningkat. Mudah-mudahan secara bersama kita bisa meringankan beban mereka, bisa mengembalikan keceriaan dan masa depan mereka selayaknya anak-anak pada umumnya," harapnya.
Untuk masyarakat yang ingin berpartisipasi lebih lanjut dalam program Yatim Teladan, bisa langsung ke Kantor Pusat Rumah Sosial Kutub yang beralamatkan di Jalan Lontar No. 45 RT 08/ RW 03, Lenteng Agung, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Selain itu bisa juga dengan melakukan komunikasi melalui saluran resmi Rumah Sosial Kutub lainnya seperti IG: @rumahsosialkutub atau melalui situs www.rumahsosialkutub.org
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020