Pencarian populer

Mau Sewa Apartemen, Sudah Pertimbangkan 5 Hal Ini?

Apartemen semakin menjadi hunian favorit masyarakat, khususnya bagi generasi milenial. Tapi, seperti yang kita tau kalau harga apartemen tergolong cukup tinggi sehingga nggak banyak orang yang mampu membelinya. Nah untuk mengakalinya, banyak orang yang lebih memilih untuk menyewa ketimbang membeli.

Nah, buat kamu yang juga berencana untuk menyewa apartemen, kamu nggak bisa asal memilih mau tinggal di apartemen ini atau itu. Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan agar kamu nggak salah pilih hunian.

Apa aja sih hal-hal tersebut? Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Lokasi yang Tepat

Pertama, tentukan dimana kamu akan tinggal. Pastikan bahwa lokasi apartemen yang akan kamu tempati berada di lokasi yang strategis dan dekat dengan segala akses transportasi. Selain itu, apartemen juga sebaiknya dekat dengan tempat yang sering kamu kunjungi seperti kantor atau kampus.

Furnished atau Unfurnished?

Selanjutnya, tentukan apakah kamu menginginkan apartemen dengan perabotan (furnished) atau tanpa perabotan (unfurnished). Hal ini tentunya harus disesuaikan dengan kebutuhanmu ya. Jika sebelumnya kamu sudah memiliki furnitur, apartemen furnished tentu nggak akan jadi opsimu.

Cek Unit

Melakukan pengecekan unit sangat penting untuk dilakukan. Jangan sampai kamu kecewa karena apartemen yang kamu pilih nggak sesuai ekspektasi. Cek unit dengan seksama dan pastikan bahwa apartemen dalam kondisi baik. Jangan lupa cek saluran air, toilet, aliran istrik, kondisi dinding, pendingin ruangan, dan lainnya.

Kamu juga bisa melakukan pengecekan di area sekitar apartemen seperti lorong-lorong. Lihat apakah pengelola menyediakan alat pemadam, tangga darurat, ataupun fasilitas pendukung lainnya.

Sesuaikan dengan Budget

Yang terpenting dari semuanya adalah harga sewa apartemen sesuai dengan budget yang dimiliki. Kemampuan budget di sini bukan semata-mata sanggup membayar sewa bulanan aja tapi juga biaya maintenance-nya. So, usahakan untuk membuat proyeksi anggaran bulanan selama tinggal di apartemen ya.

Buat Perjanjian Sewa

Surat perjanjian sewa mencantumkan hal-hal yang menjadi tanggung jawab dan kewajiban pihak pemilik dan penyewa apartemen. Perjanjian tersebut berisi rincian seperti:

– jumlah uang sewa,

– masa jangka waktu sewa,

– biaya-biaya,

– siapa yang bertanggung jawab terhadap kerusakan,

– fasilitas yang menjadi hak penghuni, dan lainnya.

Surat ini harus dilengkapi materai sebagai bukti legal serta dibuat 2 rangkap dan masing-masing pihak harus memegangnya.

Itulah 5 hal yang harus diperhatikan sebelum menyewa apartemen. Pertimbangkan semua hal dengan teliti agar kamu nggak menyesal nantinya. Semoga informasi di atas bisa membantumu menemukan apartemen yang tepat ya. Happy hunting!

Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.57