Bola & Sports
·
20 November 2020 19:49

ONE Championship: Menelusuri Sejarah dan Asal-usul Kickboxing

Konten ini diproduksi oleh ONE Championship
ONE Championship: Menelusuri Sejarah dan Asal-usul Kickboxing (9143)
Aksi Superlek Kiatmoo9 saat menghadapi Fahdi Khaled dalam laga Kickboxing (ONE Championship)
Kickboxing adalah seni bela diri penuh kontak yang menggabungkan aspek tinju dan juga tendangan.
ADVERTISEMENT
Disiplin ini adalah salah satu bela diri yang patut didalami oleh banyak atlet bela diri campuran karena memiliki fokus dalam striking.
Olahraga ini juga menjadi salah satu faktor yang menyebabkan lahirnya bela diri campuran. Sesuai namanya, kickboxing bisa diartikan sebagai tinju yang memperbolehkan serangan mengenakan kaki.
Video
Kickboxing dipercaya lahir pada tahun 1959, saat kompetisi modern mulai terselenggara. Ide ini berawal dari perpaduan karate dengan tinju untuk menambahkan footwork dan pukulan-pukulan keras.
Meski sebelum adanya kickboxing modern, Muay Thai dan bela diri yang mirip seperti kickboxing memang sudah ada lebih dahulu. Namun, peraturan dan intensitas serta volume serangannya berbeda.
Kala itu, seorang karateka Jepang bernama Tatsuo Yamada menciptakan sebuah olah raga baru yang menggabungkan elemen dari tinju, karate, dan juga Muay Thai. Olah raga baru ini dikembangkan dengan sebuah pertandingan di Lumpinee Boxing Stadium melawan petarung-petarung Thailand.
ADVERTISEMENT
Pada tahun 1970, olah raga ini menjadi semakin populer dan menyebar ke Amerika Utara serta Belanda. Pada era tersebut, banyak pertandingan kickboxing diadakan di berbagai negara dan mengembangkan minat masyarakat pada olah raga ini.
Pada tahun 1993, promotor kickboxing bernama K-1 pun lahir. Lewat peraturan khusus, laga dalam organisasi ini tidak diperbolehkan menggunakan sikut dan terlalu lama dalam posisi clinch – sebuah hal yang berbeda jika dibandingkan dengan Muay Thai.
Video
Saat ini, ada beberapa organisasi bela diri yang mengadakan pertandingan kickboxing. Yang terbesar, jika dilihat dari nama-nama mentereng yang ada, adalah ONE Championship.
Nama-nama tenar dalam kickboxing seperti Giorgio "The Doctor" Petrosyan dan Samy "AK47" Sana berlaga di bawah bendera ONE Championship.
ADVERTISEMENT
ONE memiliki sebuah liga tersendiri yang bernama ONE Super Series.
Dalam peraturan kickboxing di ONE Championship, seorang atlet dapat mendapatkan poin dengan mendaratkan pukulan kelawannya. Namun, sikutan merupakan serangan terlarang.
ONE Championship juga kerap mengadakan pertandingan Muay Thai yang mempunyai sedikit perbedaan dalam peraturannya. Dua perbedaan yang paling penting adalah diperbolehkannya clinch fighting, dan adanya serangan dengan sikut.
Pada akhirnya kickboxing merupakan olah raga yang mencakup beberapa gaya berbeda dan berasal dari beberapa negara di dunia.
Sementara itu, Muay Thai merupakan salah satu bagian dari kickboxing yang paling penting, dan tanpa disiplin dari Thailand ini, kickboxing modern tidak mungkin tercipta.

Cara Menyaksikan ONE Championship

Video
ONE: INSIDE THE MATRIX dapat disaksikan lewat ONE Super App, Vidio, MAXStream dan Kaskus TV mulai pukul 19:30 pada Jumat, 20 November.
ADVERTISEMENT
Selain itu, stasiun televisi nasional SCTV akan menayangkannya mulai pukul 23:30 WIB.