Konten Media Partner

Gubernur Sulteng Tolak Sekda Pilihan Presiden Jokowi

9 Desember 2022 11:26 WIB
·
waktu baca 1 menit
comment
2
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura ketika berada di ruang kerjanya. Foto: Dok. Istimewa
zoom-in-whitePerbesar
Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura ketika berada di ruang kerjanya. Foto: Dok. Istimewa
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah Rusdi Mastura menolak untuk melantik Novalina sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) yang baru.
ADVERTISEMENT
Padahal, Novalina telah ditunjuk langsung oleh Presiden Joko Widodo melalui Surat Keputusan (SK) yang ditetapkan pada tanggal 1 Desember 2022 di Jakarta.
Rusdy Mastura beralasan, dalam menentukan calon Sekda Sulteng, diperlukan integritas dan kecakapan yang sudah teruji olehnya. Sehingga, sudah seharusnya rekomendasi calon Sekda Sulteng menunggu usulan darinya.
"Saya lepas pemilihan Sekda, tetapi saya juga berharap dan merekomendasikan calon yang saya anggap cakap dan memiliki integritas dan loyalitas untuk membantu saya," ujar Rusdy Mastura, Jumat (9/12).
Gubernur Sulteng Rusdy Mastura berharap, SK pengangkatan itu dilakukan peninjauan kembali oleh Presiden Jokowi sesuai dengan prosedur seharusnya.
Kata Rusdy Mastura, menjadi Sekda Sulteng harus memiliki nilai asesment yang tinggi dan mendapatkan rekomendasi gubernur.
ADVERTISEMENT
"Keberadaan terbitnya SK tersebut akan dikonsultasikan langsung kepada bapak Presiden RI Joko Widodo. Dengan memberikan pertimbangan yang Riil dari Gubernur kepada Presiden RI," ujarnya. *(Ala)
Adv