kumparan
28 Agu 2019 8:43 WIB

Hari Ini, 25 Caleg Terpilih Morowali Utara Dilantik

Ilustrasi caleg. Foto: Dok. kumparan
Pemerintah Kabupaten Morowali Utara, Sulawesi Tengah menjadwalkan pelantikan calon anggota legislatif (Caleg) terpilih Morowali Utara hasil Pemilu 2019, hari ini, Rabu (28/8) sore.
ADVERTISEMENT
Pengambilan sumpah jabatan akan dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Negeri Poso.
Plt Sekertaris DPRD Morowali Utara, Misliati Pua, mengatakan, pelantikan pada hari ini sejatinya akan digelar pada pagi hari, akan tetapi diwaktu yang bersamaan Ketua Pengadilan Negeri Poso akan memimpin pengambilan sumpah/janji jabatan caleg terpilih Kabupaten Morowali.
"Sehingga kita jadwalnya Rabu sore sebab Morowali paginya, pak Ketua Pengadilan Poso setelah melantik di Morowali Bungku, akan langsung bergeser ke Kolonodale," ujarnya, Rabu (28/8).
Undangan pelantikan pun kini sudah disebar kepada instansi pemerintah maupun swasta, bahkan kepada masyarakat setempat untuk menyaksikan pelantikan 25 Caleg terpilih Morowali Utara berdasarkan penetapan KPU Morowali Utara pada (11/8).
Plt Sekertaris DPRD Morowali Utara, Misliati Pua. Foto: Jul/PaluPoso
Berdasarkan hasil perolehan suara partai politik dalam Pemilu tingkat Kabupaten Morowali Utara, tiga partai memperoleh suara tertinggi di Kabupaten Morowali Utara, yakni Golkar 19.175, Nasdem 10.048 dan PKB 8.249 yang tersebar di tiga Dapil.
ADVERTISEMENT
Maka dapat dipastikan bahwa tiga partai ini menduduki kursi pimpinan DPRD dengan jumlah perolehan kursi, Partai Golkar 7 (Ketua), Nasdem 4 (Wakil Ketua I) dan PKB 4 (Wakil Ketua II).
Sebaran kursi untuk DPRD Kabupaten Morowali Utara periode tahun 2019-2024 dalam setiap dapil antara lain, Dapil 1 yang memperebutkan 9 perwakilan menetapkan Partai Golkar memperoleh 2 kursi, Nasdem 2 kursi, PKB 1 kursi, PDIP 1 kursi, Demokrat 1 kursi, Perindo 1 kursi dan PKS 1 kursi.
Selanjutnya Dapil 2 Kabupaten Morowali Utara yang memperebutkan 7 perwakilan menetapkan Partai Golkar 2 kursi, PKB 2 kursi, Nasdem 1 Kursi, Gerindra 1 Kursi dan PBB 1 kursi. Kemudian Dapil 3 yang memperebutkan 9 orang perwakilan menetapkan Golkar 3 kursi, Nasdem 1 kursi, PKB 1 kursi, PDIP 1 kursi, Gerindra 1 kursi, Perindo 1 kursi dan Hanura 1 kursi.
ADVERTISEMENT
Reporter: Jul (Morowali Utara)
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan