News22 Oktober 2019 10:57

Pimpinan DPRD Belum Dilantik, Penetapan APBD Poso Terancam Molor

Konten Redaksi Palu Poso
Pimpinan DPRD Belum Dilantik, Penetapan APBD Poso Terancam Molor (764385)
Kantor DPRD Poso. Foto: Edy/PaluPoso
Sejumlah pihak di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, mengaku terusik dengan keterlambatan pelantikan pimpinan DPRD Kabupaten Poso. Pasalnya, keterlambatan pelantikan tersebut akan berimbas pada terlambatnya pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2020.
ADVERTISEMENT
Bukan itu saja, keterlambatan penetapan APBD tahun 2020 akan menghambat Pemerintah Daerah (Pemda) Poso untuk memperoleh dana insentif daerah (DID).
Terkait dengan hal itu, Sekretaris DPRD Kabupaten Poso, Jhon Yus Madoli mengatakan, pelantikan pimpinan definitif DPRD Poso akan dilakukan besok Rabu, (23/10).
Ia mengakui, memang pelantikan pimpinan DPRD terlambat, namun tidak akan mempengaruhi jadwal penetapan APBD Poso 2020," ujarnya.
Mantan Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Poso itu juga menambahkan, setelah pelantikan pimpinan DPRD pukul 14.00 WITA, langsung akan dilakukan proses penetapan tatib dan proses kelengkapan dewan. Setelah itu akan dilakukan proses marathon sampai pada pembahasan APBD 2020.
"Saya pastikan penetapan APBD Poso 2020 akan ditetapkan minggu terakhir Desember 2019," ujarnya.
Pimpinan DPRD Belum Dilantik, Penetapan APBD Poso Terancam Molor (764386)
Sekretaris DPRD Kabupaten Poso, Jhon Yus Madoli. Foto: Edy/PaluPoso
Ia menegaskan dalam Permendagri 12 Tahun 2018 tentang pembahsan APBD, disana ditegaskan pembahasan APBD di DPRD tidak lagi melalui proses di komisi tetapi langsung ke Badan Anggaran. Jadi dengan proses seperti itu, pembahasan APBD akan rampung akhir Desember. Dan, sesuai aturan pembahasan APBD itu harus selesai sebelum dimulainya tahun anggaran, sehingga APBD Poso sekali lagi ditetapkan sebelum tahun anggaran.
ADVERTISEMENT
"Saat ini proses pembahasan APBD tidak seperti dulu lagi. Sesuai Permendagri 12 Tahun 2018, pembahasan APBD tidak lagi diproses di tingkat komisi yang mengharuskan mitra OPD memaparkan programnya yang menyita waktu. Tapi sekarang hanya melalui proses di Badan anggaran yang terdiri dari belasan anggota saja," kata Yus.
Sekretaris Tim Anggaran Pemda Poso (TAPD) Sukimin kepada PaluPoso mengaku, pihaknya telah siap untuk melakukan pembahasan dengan pihak DPRD. Dan, pihaknya kata Sukimin, yakin penetapan ABPD tahun 2020 tidak akan terlambat.
Kontributor: Edy
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan
Tim Editor
drop-down
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white