11,7 Juta Orang Diprediksi Akan Mudik ke Jogja, Terbesar Keempat di Indonesia

Konten Media Partner
22 Maret 2024 12:39 WIB
·
waktu baca 1 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi kemacetan lalu lintas saat mudik Lebaran. Foto: ANTARA FOTO/Septianda Perdana
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi kemacetan lalu lintas saat mudik Lebaran. Foto: ANTARA FOTO/Septianda Perdana
ADVERTISEMENT
Jumlah pemudik yang datang ke Jogja pada Lebaran tahun ini diperkirakan akan 11,7 juta orang.
ADVERTISEMENT
Hal itu disampaikan oleh Plt Kepala Dinas Perhubungan DIY, Sumariyoto. Jumlah itu merupakan hasil kajian dan survei dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub).
“Saya menggunakan data hasil kajian dan survei Kemenhub, diprediksi jumlah yang mudik ke Jogja 11,7 juta,” kata Sumariyoto saat dihubungi Pandangan Jogja, Kamis (21/3).
Jumlah pemudik di Jogja ini menjadi yang paling besar keempat dari semua provinsi yang ada di Indonesia. Adapun daerah tujuan mudik terbesar adalah Jawa Tengah, dengan jumlah pemudik diprediksi mencapai 61,6 juta orang.
Setelah Jawa Tengah ada Jawa Timur dengan jumlah pemudik sebesar 37,6 juta orang, dan di posisi ketiga ada Jawa Barat dengan jumlah pemudik sebesar 32,1 juta orang. Baru setelah itu ada DIY dengan jumlah pemudik sebesar 11,7 juta.
ADVERTISEMENT
Dengan jumlah pemudik sebesar ini, tentu akan terjadi kepadatan lalu lintas di wilayah DIY. Untuk mengantisipasi kemacetan yang parah, petugas menurutnya akan melakukan pemantauan pada H-7 sampai H+7 Lebaran. Sejumlah langkah antisipasi kemacetan juga sedang disiapkan, seperti rekayasa lalu lintas.
“Ada banyak jalur alternatif yang bisa digunakan untuk mengurai kemacetan,” ujarnya.