Pemkot Yogya Siapkan Rp 11 Miliar untuk Perbaiki 3 Ruas Jalan Rusak

Konten Media Partner
13 Februari 2023 19:16
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi perbaikan jalan. Foto: Diskominfo Blitar
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi perbaikan jalan. Foto: Diskominfo Blitar
Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 11 miliar untuk memperbaiki tiga ruas jalan yang rusak di Yogya. Rencananya, perbaikan jalan itu akan dimulai pada triwulan kedua 2023, antara bulan April sampai Juni.
Hal itu disampaikan oleh Kepala Bidang Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kota Yogya, Hasri Nilam Baswari.
“Rencananya akan mulai dilaksanakan di triwulan 2 2023 setelah proses tender selesai,” kata Nilam saat dihubungi, Senin (13/2).
“Total pagu anggaran untuk ketiga ruas jalan tersebut kurang lebih Rp 11 miliar,” lanjutnya.
Dia mengungkapkan, tiga ruas jalan yang akan diperbaiki di antaranya adalah Jalan Gedongkuning sisi utara dengan panjang sekitar 1 kilometer, Jalan Balirejo sekitar 800 meter, dan Jalan Bener dengan panjang sekitar 900 meter.
Berdasarkan hasil survei kondisi jalan yang dilaksanakan pada akhir 2022 kemarin, ketiga jalan tersebut menurut Nilam masuk dalam kategori rusak ringan sehingga perlu dilakukan perbaikan.
“Khususnya karena di ketiga jalan tersebut sering terjadi genangan pada saat musim hujan, sehingga mempercepat kerusakan aspal,” kata dia.
Pekerjaan utama yang dilakukan dalam perbaikan jalan tersebut adalah pengaspalan. Namun, di dalamnya juga akan ada pekerjaan lain seperti perbaikan drainase yang selama ini menyebabkan luapan air di badan jalan saat terjadi hujan.
Dia berharap dengan adanya perbaikan jalan dan drainase di tiga ruas jalan tersebut dapat meningkatkan keamanan dan kenyamanan masyarakat saat berlalu-lintas. Meski begitu, dia juga meminta kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah dan limbah di saluran drainase yang dapat menyumbat dan merusak drainase tersebut.
“Targetnya perbaikan tiga ruas jalan ini selesai pada November 2023,” ujar Hasri Nilam Baswari.