PSI Kirim Petisi ke Pemkot Yogya: Solusi Sampah Jangan Hanya Dibebankan ke Warga

Konten Media Partner
5 September 2023 11:45 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Kader PSI Kota Yogyakarta menyerahkan petisi kepada Pj Wali Kota Yogya, Singgih Raharjo, Senin (4/9). Foto: Istimewa
zoom-in-whitePerbesar
Kader PSI Kota Yogyakarta menyerahkan petisi kepada Pj Wali Kota Yogya, Singgih Raharjo, Senin (4/9). Foto: Istimewa
ADVERTISEMENT
Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kota Yogyakarta mengirimkan petisi kepada Pj Wali Kota Yogyakarta, Singgih Raharjo, agar Pemerintah Kota (Pemkot) Yogya segera menyelesaikan permasalahan sampah yang masih terjadi saat ini.
ADVERTISEMENT
Petisi itu diserahkan langsung oleh sembilan kader PSI Kota Yogyakarta yang dikoordinir oleh Ketua DPD PSI Kota Yogyakarta, Denny Irawan, pada Senin (4/9) kemarin.
Denny menjelaskan bahwa ada tiga poin penting dalam petisi yang disampaikan tersebut.
Pertama adalah desakan kepada Pemkot Yogya untuk segera merealisasikan langkah-langkah penanganan yang bersifat lebih progresif dan komprehensif selambat-lambatnya dalam waktu satu tahun ke depan untuk menyediakan sarana dan prasarana yang didukung dengan peralatan teknologi canggih untuk melakukan proses pengolahan dan daur ulang sampah dengan skala besar secara memadai.
Kedua, persoalan sampah di DIY khususnya di Kota Yogyakarta ini dianggap telah menjadi permasalahan extra-ordinary dan sangat fundamental khususnya bagi citra wajah Yogyakarta.
“Oleh karena itu PSI mendesak Pemerintah Kota Yogyakarta untuk segera membentuk Tim Khusus Penanganan Sampah guna memastikan seluruh unsur aparatur yang ada di dalam Dinas Pemerintahan Kota Yogyakarta menjalankan Tupoksinya dengan lebih serius, efektif, dan maksimal,” kata Denny Irawan, Senin (4/9).
Kader PSI Kota Yogyakarta mendatangi kantor Pj Wali Kota Yogyakarta, Senin (4/9). Foto: Istimewa
Dengan demikian, diharapkan tidak ada lagi aktivitas atau pelaksanaan program pemerintah yang hanya bersifat seremonial atau formalitas di tengah masyarakat.
ADVERTISEMENT
“Apalagi membebankan solusi hanya kepada masyarakat,” lanjutnya.
Sebab penanganan masalah sampah ini menurutnya harus dilakukan secara sistematis, menyeluruh, dan berkesinambungan di mana Pemerintah Daerah/Kota-lah yang memiliki wewenang dan tanggung jawab besar untuk memimpin penyelesaiannya bersama warga.
“Ketiga, PSI mendesak Pemerintahan Kota Yogyakarta beserta Dinas terkait di Kota Yogyakarta segera menjalankan semua aturan, kebijakan dan regulasi yang telah ada, bukan dengan cara-cara yang normatif namun secara lebih progresif, efektif, dan efisien,” ujarnya.
Pj Wali Kota Yogyakarta, Singgih Raharjo, menurut Denny menerima petisi dan masukan tersebut dengan sangat positif dan akan segera menindaklanjutinya.
Adapun perwakilan kader PSI Kota Yogyakarta itu antara lain Denny Irawan, Wahyu Suwarsih, Rio Prista, Wahyu arianto, Norma Prasetyarini, Sulisdiyanto, Yosua Lapudooh, Hendro Nugroho, dan Kus Indarto.
ADVERTISEMENT