Timnas U-16 Juara AFF, Bima Sakti: Tidak Ada Joget-joget, Rayakan dengan Sujud

Konten Media Partner
13 Agustus 2022 12:34
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Ilustrasi pemain timnas Indonesia sedang melakukan selebrasi gol dengan cara sujud syukur. Foto: PSSI
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi pemain timnas Indonesia sedang melakukan selebrasi gol dengan cara sujud syukur. Foto: PSSI
ADVERTISEMENT
Pelatih tim nasional Indonesia U-16, Bima Sakti Tukiman, menekankan kepada anak-anak asuhnya untuk tetap rendah hati dan tidak sesumbar meski baru saja menjuarai Piala AFF U-16. Dia tak ingin gelar juara ini menjadi bumerang bagi para pemain yang baru akan memulai kariernya di dunia sepak bola ini.
ADVERTISEMENT
“Di tengah lapangan saya bilang, kita tidak boleh terlalu euforia berlebihan, kita tidak boleh sombong, kemudian kita tidak boleh angkuh, kita tetap rendah hati,” kata Coach Bima Sakti dalam konferensi pers setelah laga final di Stadion Maguwoharjo, Jumat (12/8) malam.
Gelar juara ini menurut dia hanya permulaan dari perjuangan skuat Garuda Muda. Pasalnya, pada bulan Oktober mendatang, mereka akan menjalani turnamen yang lebih penting yakni kualifikasi Piala Asia U-17. Karena itu, setelah turnamen AFF U-16 2022 ini, seluruh tim dan pemain harus fokus mempersiapkan turnamen tersebut.
“Dan saya sampaikan enggak ada joget-joget, kalau tidak percaya datang aja ke ruang ganti. Enggak ada kami joget-joget, kami bersyukur saja, bersujud sama Allah,” tegasnya.
ADVERTISEMENT
Hal itu dilakukan Bima Sakti karena dia tidak ingin anak-anak asuhnya merasa puas terlalu dini. Pasalnya, usia mereka masih sangat muda dan perjalanan panjang masih sangat panjang. Jangan sampai prestasi mereka hanya gemilang saja di usia muda, tapi setelah dewasa justru semakin redup.
Timnas Indonesia U-16 berhasil menjuarai Piala AFF U-16 2022. Foto: PSSI
zoom-in-whitePerbesar
Timnas Indonesia U-16 berhasil menjuarai Piala AFF U-16 2022. Foto: PSSI
Saat ini, beberapa hal menurut Bima Sakti juga telah dipersiapkan supaya timnya siap berlaga di kualifikasi Piala Asia U-17 mendatang. Salah satunya yaitu akan kembali mengadakan program pemusatan latihan atau training camp (TC).
Selain itu, kemungkinan besar timnas Indonesia menurut Coach Bima juga akan melakukan berbagai pertandingan uji coba di luar negeri menghadapi tim-tim level Asia.
“Kita harapkan nanti kita bisa uji coba di luar, karena kita akan persiapan. Lawan kita nanti Uni Emirat Arab, kemudian Palestina, Guam, dan Malaysia,” kata Bima Sakti.
ADVERTISEMENT
Sementara itu, Ketua Umum PSSI, Muhammad Iriawan alias Iwan Bule mengaku telah merencanakan TC timnas U-16 ke luar negeri. Meski begitu, menurutnya saat ini timnas U-16 harus mematangkan timnya dulu di dalam negeri. Sebab, dia ingin ketika mengadakan TC di luar negeri, tujuannya harus negara yang benar-benar kuat, seperti timnas Vietnam yang melakukan TC di Jerman selama sebulan sebelum menghadapi AFF U-16 kemarin.
“Mungkin kita matangkan di dalam negeri dulu. Karena kalau ke luar negeri harus ke negara yang kuat, seperti Vietnam sebulan di Jerman, sehingga bisa ke negara-negara seperti Spanyol, Belanda, atau sebagainya,” kata Iwan Bule.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·