Pencarian populer
PUBLISHER STORY

BNN Tegal Buka Klinik Rehabilitasi untuk Pecandu Narkoba

Klinik rehabilitasi untuk pecandu narkoba di kantor BNN Kota Tegal. (Foto: Irsyam Faiz)

TEGAL - Pemakai narkotika selama ini kerap kali dituding sebagai pelaku kejahatan. Mereka sering mendapatkan stigma negatif dari masyarakat lantaran mengonsumsi barang haram. Padahal, belum tentu demikian. Dia bisa juga menjadi korban.

Tidak sedikit para pecandu yang ingin keluar dari jerat ketergantungan memakai narkoba. Mereka ingin sembuh dan menjadi manusia seutuhnya. Tapi, mereka bingung dan tidak tahu harus ke mana. Mereka juga takut dipenjara jika ada yang melaporkan ke pihak yang berwajib. Alih alih ingin sembuh, mereka malah tambah ketergantungan mengonsumsi narkoba.

Bagi Anda atau yang memiliki orang terdekat pecandu narkoba, jangan khawatir. Badan Narkotika Nasional (BNN) saat ini telah menyediakan klinik untuk rehabilitasi. Di sana, para pemakai narkoba akan mendapatkan perawatan rawat jalan sampai sembuh. Gratis tanpa dipungut biaya.

Klinik rehabilitasi untuk pecandu narkoba di kantor BNN Kota Tegal. (Foto: Irsyam Faiz)

Di Tegal, ada Klinik Pratama Bahari Sehat yang terletak di Jalan KH. Ahmad Dahlan, Kelurahan Mangkukusuman, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal. Satu atap dengan Gedung BNN Kota Tegal. Klinik ini baru diresmikan oleh Kepala BNN Provinsi Jawa Tengah, Brigjen Muhammad Nur, pada Senin (15/4).

“Diharapkan semua pecandu bisa mengakses klinik ini. Untuk mendapatkan layanan rawat jalan,” jelas kata dia seusai peresmian.

Muhammad Nur meminta kepada para pecandu agar tidak takut untuk datang ke klinik ini. Sebab, bagi pemakai yang datang dengan kesadaran penuh ingin sembuh, tidak akan dijerat pidana.

“Kalau datang dengan kesadaran tidak akan dipidana. Kalau yang dipidana itu kan ada barang padanya itu baru kita pidana,” jelas dia.

Sementara itu, Kepala BNN Kota Tegal Igor Budi Mardiyono mengatakan saat ini pihaknya juga sudah bekerjasama dengan 3 lembaga rehabilitasi. Di antaranya di RSUD Kardinah, Puskesmas Tegal Timur, Puskesmas Tegal Barat, RSI Harapan Anda, RS Mitra Siaga, dan Klinik Pratama Aisyah Siti Hajar.

“Di lembaga rehabilitasi juga melayani rehabilitasi rawat jalan bagi pecandu, korban, dan pengguna narkoba secara gratis dan tidak akan dipidanakan,” terangnya. (Irsyam Faiz)

Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: