• 0

PUBLISHER STORY

Jajak Pendapat: Sudirman-Ida Unggul 82 Persen dari Ganjar-Yasin

Jajak Pendapat: Sudirman-Ida Unggul 82 Persen dari Ganjar-Yasin


Hasil Jajak Pendapat Pilgub Jateng di Facebook Pantura Post. (Foto: Muhammad Irsyam Faiz)
TEGAL - Pasangan Calon Gubernur Jawa Tengah Sudirman Said-Ida Fauziah unggul telak dibanding lawannya Ganjar Pranowo-Taj Yasin, dalam jajak pendapat yang digelar Pantura Post pertengahan bulan ini. Tak tanggung-tanggung, suara Sudirman-Ida menggelembung hingga 82 persen. Sementara Ganjar-Yasin hanya memperoleh 18 persen.
Jajak pendapat ini dilakukan selama sepekan di media sosial Facebook, melalui Fans Page Pantura Post yang diikuti oleh 43.531 pengguna. Jajak pendapat berlangsung dari Senin-Senin, 9-16 April 2018. Pantura Post memberi satu pertanyaan kepada warganet tentang siapa calon yang akan mereka pilih, jika Pilgub Jateng digelar saat ini.
Dari 3.500 akun facebook yang berpartisipasi dalam polling ini, ada lebih dari 2.800 akun yang memilih pasangan Sudirman Said. Sementara sisanya, sebanyak 624 pengguna yang memilih petahana.
Kiriman jajak pendapat ini dikomentari sebanyak 148 kali dan dibagikan 167 kali. Warganet juga turut menuliskan alasan kenapa mereka memilih calon tersebut.
Bagi mereka yang memilih Sudirman Said, umumnya menginginkan perubahana di Jawa Tengah. Mereka menilai kepemimpinan Ganjar belum memberikan kemajuan bagi Jateng. Mereka juga enggan memilih Ganjar karena disebut-sebut terlibat kasus Korupsi E-KTP.
"Selama memimpin jateng,,yg istimewa dari jateng apa??? program apa yg sudah di jalankan....urus E_ktp saja berbelit2 dan bertahun2 baru jadi....ehhh malah nyatanya terlibat kasusnya...Jateng masih daerah tertinggal di pulau jawa....miris.." tulis Zie Foe Slukutuy, yang merupakan warga Bumiayu, Brebes, sebagaimana tercantum dalam profilnya.
Sementara itu, bagi mereka yang memilih Ganjar, menilai politisi PDIP itu sudah bekerja nyata untuk Jawa Tengah. Netizen juga menilai Ganjar merupakan sosok yang sopan dan religius. Terlebih, pasangannya merupakan Putra Kiai Maemun Zubair. Mereka tak memilih Sudirman Said kendati masih satu kampung.
"Senajan pak said wong brebes tpi aku milihe pak ganjar sing wis katon kerjane.. wonge sopan trs religius...aku wong brebes," tulis akun Fauzi Ibnu Ahmad Az-Zahwan.
Jajak pendapat ini merupakan kali kedua yang digelar Pantura Post. Sebelumnya pada pertengahan Januari lalu, jajak pendapat ini dimenangkan oleh pasangan Ganjar-Yasin dengan perolehan suara sebanyak 53 persen. Saat itu, pengguna facebook yang berpartisipasi hanya 950 akun.
Hasil jajak pendapat ini tentu tidak mewakili kekuatan kedua pasangan tersebut secara menyeluruh di 35 kota dan kabupaten di Jawa Tengah. Mengingat, pengikut fanspage Facebook Pantura Post mayoritas berasal dari wilayah Tegal-Brebes dan sekitarnya. Ke depan, bisa jadi hasil jajak pendapat yang sama akan berbeda seiring dengan dinamika politik yang terus berubah.
Reporter/Editor: Muhammad Irsyam Faiz

Pilgub Jateng 2018PolitikNewsRegional

presentation
500

Baca Lainnya