kumparan
KONTEN PUBLISHER
11 Juni 2019 18:21

Usai Lebaran, 15 Ribu Warga Brebes Naik Bus ke Jakarta

WhatsApp Image 2019-06-11 at 17.35.18.jpeg
Sebuah bus yang membawa warga Brebes ke Jakarta. (Foto: Fajar Eko Nugroho)
BREBES - Sedikitnya 15 ribu lebih penumpang bus kembali ke Jakarta lewat Terminal Tanjung Kabupaten Brebes. Jumlah itu terhitung dalam kurun waktu dua hari belakangan atau saat puncak arus balik lebaran.
ADVERTISEMENT
“Jumlah tersebut masih bisa bertambah, karena data penumpang hari Selasa diambil dari pukul 06.00 WIB sampai dengan 09.00 WIB pagi,” ucap Kepala Terminal Tanjung Kusmaedi, Selasa (11/6).
Ia menambahkan, peningkatan jumlah penumpang yang akan berangkat ke Jakarta sudah terjadi sejak H+3 lebaran. Dibanding tahun kemarin, jumlah penumpang yang kembali ke Jakarta lebih banyak. Hal itu, lantaran penumpang lebih memilih datang langsung ke terminal dibanding terminal bayangan yang ada di wilayah Kecamatan Tanjung dan Losari.
“Berkaca tahun lalu penumpang yang menggunakan terminal bayangan tidak mendapatkan kursi. Sehingga mereka (penumpang) lebih memilih datang langsung ke terminal,” kata dia.
WhatsApp Image 2019-06-08 at 21.59.02.jpeg
Lonjakan penumpang bus di Terminal Bumiayu. (Foto: Reza Abineri)
Dari belasan ribu penumpang yang berangkat kembali ke Jakarta, kata dia, memiliki tujuan terminal yang berbeda. Di antaranya, ada yang ke Terminal Bekasi, Pulogadung, Tanjung Priok, Kalides dan sejumlah terminal lainnya di Jakarta.
ADVERTISEMENT
“Memang kebanyakan yang berangkat merupakan karyawan pabrik, pedagang dan lainnya,” kata dia.
Sulit Kerja
Salah seorang penumpang, Dhofir (40) mengaku akan ke Jakarta untuk bekerja di salah satu perumahan yang ada di Jakarta tepatnya di Blok M. Dirinya memilih kembali ke Jakarta lantaran di daerah asalnya (Brebes) susah untuk mendapatkan pekerjaan. Sehingga, dirinya memilih memboyong istri dan anak-anaknya untuk bekerja di ibu kota.
“Saya sudah 10 tahun bekerja di Jakarta. Soalnya di Brebes susah mendapatkan pekerjaan, kalaupun ada kebanyakan untuk perempuan,” ucap Dhofir.
Sementara itu, Bupati Brebes Idza Priyanti mengimbau kepada warganya, khususnya lulusan SMA tak pergi merantau ke Jakarta. Pasalnya, di Brebes saat ini mulai banyak berdiri perusahaan atau pabrik yang menyerap tenaga kerja ribuan orang.
ADVERTISEMENT
"Saya sudah beberapa kali mengimbau kepada masyarakat Brebes khususnya anak-anak lulusan SMA yang akan bekerja tidak usah berangkat ke ibu kota. Sebab, sejumlah pabrik di Brebes juga sedang membutuhkan karyawan,” ucap Idza Priyanti.
Reporter: Fajar Eko Nugroho
Editor: Irsyam Faiz
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan