• 1

PUBLISHER STORY

Vila di Tempat Wisata Guci Tegal Ambruk Terseret Tanah Longsor

Vila di Tempat Wisata Guci Tegal Ambruk Terseret Tanah Longsor


Vila di Objek Wisata Guci ambruk terbawa longsor, Minggu, 11 Februari 2018. (Foto: Istimewa)
TEGAL - Sebuah vila di Objek Wisata Guci, Kabupaten Tegal ambruk terbawa tanah longsor, Minggu malam, 11 Februari 2018. Bangunan yang dikenal dengan Vila Janoko 2 itu ambruk setelah seharian kawasan tersebut diguyur hujan.
Kepala UPTD Objek Wisata Guci, Abdul Haris, membenarkan kejadian itu. Dia mengatakan, Vila Janoko 2 berada di dekat pancuran 13. Menurut dia, bencana tanah longsor itu terjadi sekitar pukul 18.00 WIB. "Ini memang karena dalam beberapa hari terakhir ini hujan deras, hari ini hujan deras dari sejak sore," jelas Haris kepada Panturapost.id.
Haris memastikan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Namun, akibat longsor tersebut, vila yang sudah dibangun sejak 30 tahun itu rusak parah. "Kebetulan sedang tidak ada penghuninya. Ini vilanya memang jarang digunakan," kata Haris.
Dia mengatakan, bangunan itu merupakan milik Pemerintah Daerah yang disewakan kepada pihak ketiga. Namun karena posisinya tidak strategis, vila tersebut jarang disewa pengunjung. "Kadang sebulan sekali disewa. Beberapa hari yang lalu kami juga sudah mendeteksi wilayah ini rawan longsor," ungkap dia.
Selain tanah longsor di dekat pancuran 13, peristiwa serupa pada waktu yang sama juga terjadi di dua titik lainnya. Yakni di jalan setapak dari parkiran sebelah barat menuju pancuran 13 dan pancuran 5. "Jalan itu tertutup longsor tebing di atasnya," kata dia.
Saat ini, pihak pengelola sudah memasang papan peringatan di sejumlah titik rawan longsor. Langkah ini dilakukan agar pengunjung tidak mendekati wilayah tersebut.
Reporter: Muhammad Irsyam Faiz

LongsorBencana AlamTegal

presentation
500

Baca Lainnya