Food & Travel
·
22 April 2021 18:13

Pantai Tiga Warna, Gradasi Warna Pantai Malang Selatan

Konten ini diproduksi oleh Paulino Da Costa De Jesus
Pantai Tiga Warna mempunyai pemandangan bawah laut yang indah, terumbu karang di pantai ini di sebut sebut sebagai spot snorkeling terbaik di Malang. Tidak mengherankan jika Pantai Tiga Warna, langsung menjadi hits di antara pantai-pantai lainnya di Malang Selatan, walaupun sebenarnya pantai ini termasuk pantai termuda masa pembukaannya bagi wisatawan.
Pantai Tiga Warna, Gradasi Warna Pantai Malang Selatan (549360)
Pantai Tiga Warna.(sumber: Dokumentasi Pribadi)
Pantai Tiga Warna termasuk dalam kawasan rehabilitasi dan konservasi terumbu karang dan juga termasuk dalam kawasan hutan lindung Desa Tambak Rejo, Kabupaten Malang, di kelola secara bersama antara Pokwasmas, Mangrove Conservation Bhakti Alam Sendang Biru, dan Perum Perhutani.
Pantai Tiga Warna, Gradasi Warna Pantai Malang Selatan (549361)
Pintu Masuk Pantai Tiga Warna.(sumber: Dokumentasi Pribadi)
Untuk itu kita harus memahami dulu, bahwa kawasan pariwisata yang kita tuju ini adalah kawasan yang dilindungi dan dijaga keseimbangan ekosistemnya.
ADVERTISEMENT
Pihak pengelola membuka kawasan yang dilindungi ini wisata bukan semata-mata bertujuan komersial, akan tetapi mereka lebih mengutamakan edukasi bagi pengunjung untuk melihat langsung bagaimana cara memperlakukan alam dengan adil dan benar.
Untuk diketahui, pemberlakuan kuota pengunjung adalah 100 orang/hari. Karena itu anda harus bersabar jika pada saat anda melakukan pesan ternyata kuota sudah terpenuhi sampai enam bulan ke depan. Dan anda juga jangan mencoba untuk membujuk pihak pengelola agar bisa memberi prioritas (atau istilahnya memaksa) untuk masuk jika kuota sudah tidak ada untuk anda, mereka akan dengan tegas menolak, karena mereka sangat mencintai lingkungan pantai yang sudah mereka perjuangkan bertahun-tahun agar tetap terjaga kelestariannya.
Pantai Tiga Warna, Gradasi Warna Pantai Malang Selatan (549362)
Lihat ke pemnadang laut (sumber: Dokumentasi Pribadi)
Memasuki Pos Pantau di Pantai Clungup, kita wajibkan untuk mengisi formulir yang berisi data tentang barang yang akan anda bawa masuk ke kawasan pantai, catat satu per satu barang yang berpotensi seperti snack, mie instan, minuman kemasan dan lain-lain. Pada saat anda selesai berkunjung dan kembali melewati pos pantau, maka akan cek lagi daftar bawaan anda, jika i bahwa anda telah meninggalkan sampah di pantai, maka berlaku denda Rp 100.000/item.
ADVERTISEMENT
Memasuki Pantai Tiga Warna, kami disuguhi pemandangan yang luar biasa, ombak yang tenang, pinggir pantai di batasi tebing dengan karang yang seakan terukir indah, hutan bakau yang rimbun dan hijau, air laut yang berwarna warna, pasir putih yang menghampar, sungguh memanjakan mata anda, melepaskan penat yang mendambakan kedamaian dan keheningan.
Pantai Tiga Warna, Gradasi Warna Pantai Malang Selatan (549363)
Foto darih jauh kelihatan pantai sama pasir putih (sumber: Dokumentasi Pribadi)
Setelah puas menikmati keindahan alam, kami bisa foto di sana, banyak sekali spot cantik yang bisa kami abadikan melalui foto ataupun video. Anda juga bisa memuaskan hobby berenang anda di sana, atau bisa snorkeling. Pengelola menyediakan alat snorkeling yang bisa anda sewa.
Pantai Tiga Warna, Gradasi Warna Pantai Malang Selatan (549364)
Foto di dalam Kapal (sumber: Dokumentasi Pribadi)
Kami beri waktu 2 jam untuk snorkeling, selanjutnya harus segera berganti dengan kelompok lain. Di Pantai Tiga Warna tidak ada fasilitas kamar mandi, oleh karena itu anda harus menuju Pantai Gatra untuk membilas badan dan berganti pakaian.
ADVERTISEMENT