kumparan
15 Apr 2019 16:06 WIB

Penderita Kanker Langka, Faiz yang Berjuang Melawan Kanker Prostat

Dok. Pedulisehat.id
Saatnya kita berkenalan lagi dengan salah satu campaigner kami, yang melakukan penggalangan dana di platform Pedulisehat.id. Yang menggalang dana adalah seorang ibu, sedangkan yang butuh dana kesembuhan adalah anak bungsu dari si ibu. Perkenalkan Ibu Reny Mariska, yang sehari-harinya bekerja sebagai Ibu Rumah Tangga. Bersama suaminya, Susilo Windarto, saat ini sedang membesarkan 2 orang anak. Anak kedua, atau anak bungsunya, yang bernama M. Faiz Robbani, saat ini sedang menderita penyakit serius yang bisa saja mengancam nyawanya.
ADVERTISEMENT
Penggalangan dana yang dibuat oleh Ibu Reny ini dikhususkan untuk menambah biaya perawatan dan pengobatan anaknya, Faiz. Faiz menderita penyakit kanker langka, yaitu Kanker Alveolar rhabdomyosarcoma atau Kanker Prostat, yang sudah dideritanya sejak 7 bulan yang lalu. Saat ini Faiz tetap harus di rumah sakit dan mendapatkan perawatan di sana.
Gejala awal yang dirasakan oleh Faiz hanya seperti anyang-anyangan biasa, atau sakit perut dan buang air kecil tidak tuntas ditambah terasa sakit sekali. Dalam kurun waktu 7 bulan ia harus merasakan sakit seperti itu hingga sekarang. Kemudian kedua orang tuanya membawa Faiz ke rumah sakit daerah di Bandar Lampung. Saat itu dilakukan tes dengan mengambil jaringannya, dan dari hal tes jaringan tersebut hanya disebutkan bahwa Faiz mengidap tumor ganas. Setelah itu, Faiz dirujuk berobat ke rumah sakit pusat di Jakarta, yaitu RSCM Jakarta. Di sini dilakukan pengambilan PA dan lagi-lagi belum diketahui pasti jenis tumornya apa. Pengecekan berikutnya, yaitu tes PA yang ke-2 kalinya baru diketahui bahwa Faiz menderita Kanker Prostat.
ADVERTISEMENT
Penyakit ini menyebabkan kondisi Faiz menjadi sangat lemah dan semakin drop dari hari ke hari. Hingga saat ini, Faiz sudah menjalani pengobatan radiasi tulang sebanyak 10 kali dan operasi nefrostomi, yaitu prosedur yang dilakukan untuk mengalirkan urine dari ginjal melalui kateter. Sementara itu, saat Faiz mau dikemoterapi, kondisinya semakin menurun hingga kankernya sudah menyebar ke kandung kemih, usus, dan jaringan ikat. Kondisi terbaru Faiz saat ini, ia sedang dirawat di ICU sudah 2 minggu lebih.
Rencana tindakan yang akan dilakukan terhadap Faiz selanjutnya, yaitu:
1. Kemoterapi 3 minggu sekali;
2. Operasi lanjutan.
Meskipun selama ini perawatan dan pengobatan untuk Faiz sudah ditanggung oleh BPJS Kesehatan, tetapi penggalangan dana ini kami buat untuk digunakan membeli kasus khusus dan kursi roda yang bisa dibuat seperti tempat tidur, alat-alat kesehatan, seperti underpad, kasur dekubitus, dan alat suction. Tabungan kami sudah tidak cukup karena Bapaknya Faiz sudah tidak bekerja lagi sejak Faiz-nya sakit. Sehingga kami sangat membutuhkan bantuan dari kalian agar bergabung menjadi bagian #InsanPeduli. Bantuan sekecil apapun dari kamu, akan sangat berarti bagi mereka. Yuk, bergabung di sini untuk berdonasi.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan