Pencarian populer

Perjuangan Afiz untuk Sembuh dari Tumor Wilms

Dok. Pedulisehat.id

Mari kita berkenalan dengan salah satu pejuang kecil lainnya yang melakukan penggalangan dana di platform Pedulisehat.id, namanya Hafiz Amalul Ikhsan, dengan sapaan adek Afiz. Afiz saat ini berusia kurang lebih 5 bulan. Di usianya yang masih sangat muda ini, ia sudah berjuang melawan penyakit serius, yang sesungguhnya mengancam nyawanya sendiri. Adek Afiz menderita penyakit Tumor Wilms atau biasa dikenal dengan sebutan Nefroblastoma. Ini adalah penyakit tumor ginjal ganas, yang mana salah satu penyakit serius yang menyerang anak-anak di bawah usia 6 tahun.

Afiz tidak sendiri, kedua orang tuanya selalu setia menemaninya. Ayahnya, Purwanto dan ibunya, Setyorini, juga memperjuangkan agar Afiz anaknya, memperoleh pengobatan secepatnya dan sembuh dengan segera.

Awalnya gejala penyakit ini timbul pada Afiz ketika ia berusia baru genap sebulan. Pada saat itu perutnya membesar, muncul urat-urat di bagian perut, tubuhnya terasa dingin dan wajahnya pucat. Kemudian mereka membawa Afiz ke puskesmas tersekat, di sana ingin dilakukan pengambilan darah, tetapi darahnya tidak keluar. Akhirnya dirujuklah ke RSUD Semarang. Ketika dokter di rumah sakit ini melihat kondisi Afiz, langsung saja dirujuk ke rumah sakit yang lebih besar dan lengkap, yaitu RSUP dr. Kariadi Semarang.

Ketika di rumah sakit ini, barulah diambil sampel darah dari Afiz. Hasilnya ke luar dan diketahui bahwa Hb Afiz 4,6. Kemudian dilakukan USG dan MRI, hasilnya menunjukkan bahwa Afiz terkena Tumor Wilms, yang mana ginjalnya yang terkena adalah ginjal bagian kanan. Dokter menganjurkan untuk melakukan operasi pengangkatan ginjalnya, mendengar hal itu, ayah dan ibu Afiz sangat sedih. Mereka bersedih dan terpukul melihat kondisi anak mereka yang masih sangat kecil harus menderita seperti ini. Bahkan mereka membayangkan, nantinya Afiz akan menjalani kehidupannya dengan menggunakan hanya satu ginjal.

Kondisi terkini Afiz adalah saat ini ia sedang menjalani kemoterapi dengan rutin untuk menyusutkan ukuran tumor yang ada di ginjalnya. Prosedur ini dijalankan sebelum operasi pengangkatan ginjal dilakukan. Beruntung semua biaya pengobatan ini masih ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

Namun, tetap saja ada biaya-biaya yang harus dikeluarkan oleh mereka, kerena memang tidak ditanggung oleh asuransi kesehatan. Apalagi ayah Afiz hanya bekerja sebagai juru masuk dengan penghasilan pas-pasan dan ibunya tidak bekerja. Tentunya menjadi terasa berat bagi mereka. Afiz diharuskan mengonsumsi susu khusus yang harganya terbilang lumayan mahal bagi mereka, kebutuhan pempers, akomodasi dan transportasi pada saat kontrol rutin ke dokter. Semuanya itu bisa dibilang berat bagi Afiz dan kedua orang tuanya.

Makanya, mereka memiliki harapan yang besar saat membuat penggalangan dana di platform ini. Berharap orang-orang yang peduli mau membantu mereka. Jadilah bagian sebagai salah satu #InsanPeduli yang akan menolong kesembuhan Afiz dengan melakukan donasi dengan klik di sini. Berapapun yang kamu berikan untuk Afiz, pastinya akan berguna bagi kesembuhannya. Jangan lupa juga untuk membagikan kisah perjuangan Afiz melawan Tumor Wilms ini ke media sosial yang kamu miliki.

Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.40