kumparan
Bisnis2 April 2020 17:01

4 Peluang Bisnis Menjanjikan dengan Modal Kurang dari Rp 5 Juta, Yuk Coba!

Konten kiriman user
yjj4qtvmu8wz8hjruhyn (1).jpg
com-Mengembangkan usaha atau bisnis Foto: Shutterstock
Siapa bilang memulai usaha harus dengan modal yang besar, untuk kamu yang berniat menghasilkan pendapatan dengan usaha sendiri kini tak perlu khawatir, karena dengan modal Rp 5 juta kamu sudah bisa memulai usaha dengan modal minim.
ADVERTISEMENT
Namun perlu kamu ketahui, menjalankan sebuah bisnis tentu tidak semudah yang dibayangkan, sebab jumlah pesaing di luar sana juga terbilang cukup besar. Bukan hanya itu, kesibukan dan waktu terbatas sangat mungkin menjadi penghambat dalam proses
Berikut rekomendasi peluang bisnis dengan modal Rp 5 juta yang bisa dicoba:

1. Membuka Counter Pulsa

konter-pulsa.png
Ilustrasi counter pulsa. Foto: idwebpulsa
Jika kamu tinggal di wilayah yang cukup padat penduduknya atau bahkan di sekitar kampus dan sekolah yang selalu ramai, maka usaha ini akan sangat tepat untuk Anda jalankan di rumah. Namun meskipun lokasi rumah kamu tidak begitu strategis, kamu masih bisa menyiasatinya dengan menyewa sebuah kios kecil di area yang dianggap tepat untuk menjalankan.
Walaupun saat ini marak pembelian pulsa lewat internet atau pembayaran online. Namun, percayalah tidak semua orang akrab dengan teknologi, apalagi jika di wilayah tempat tinggal kamu banyak yang usianya di atas 40 tahun. Selain itu jual pulsa di counter juga masih dicarai karena untuk pembelian kartu perdana.
ADVERTISEMENT

2. Membuka Usaha Makanan Ringan

aneka_makanan_ringan_1521732414_312b9a8f.jpg
Makanan ringan. Foto: Carousell
Usaha makanan ringan bisa menjadi bisnis dengan modal kecil yang sangat menguntungkan. Makanan ringan yang biasa dijual antara lain keripik singkong, keripik pisang, keripik kentang dan lain-lain.
Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah menentukan satu jenis makanan apa yang akan dijual, misalnya keripik pisang. Agar lebih terkesan profesional, kamu bisa memberikan merk sendiri pada bungkusan keripik pisang yang akan dijual. Sediakan bungkusan untuk ukuran kecil, sedang maupun besar.
Strategi pemasaran produk untuk makanan ringan ini bisa kamu kembangkan sendiri. Misalnya dengan menitipkan dagangan ke warung-warung kelontong, memasukkan ke pasar tradisional bahkan kalau bisa ke mini market disekitar tempat kamu.
Dengan kemasan yang unik dan terkesan mahal, tentunya mereka akan bersedia menampung produk yang kamu tawarkan.
ADVERTISEMENT

3. Bisnis Laundry

oemmhuynph4bjsx6slgt.jpg
Ilustrasi mencuci. Foto: Shutterstock
Di musim hujan seperti sekarang jasa laundry menjadi salah satu bisnis yang menguntungkan, karena banyak orang kesulitan untuk mengeringkan bajunya, ditambah banyaknya pakaian yang digunakan saat musim hujan berlangsung. Meski dengan modal yang minim kamu tetap bisa menjalankannya dengan syarat mesin cuci sudah tersedia di rumah, sehingga modal yang kamu punya bisa digunakan untuk hal lain seperti membeli pewangi, setrikaan hingga pengering baju otomatis (Air O Dry).
Berikut simulasi jasa usaha laundry kiloan dengan hanya modal 5 juta.
Mesin cuci + pengering = Rp. 3.000.000
Setrika 2 buah = Rp 250.000 x 2 = Rp. 500.000
Deterjen dan pewangi = Rp. 400.000
Barang-barang pendukung seperti gantungan dan penjepit baju, buku nota, ember, dan lain-lain sebesar Rp. 300.000.
ADVERTISEMENT
Modal awal yang perlu kamu siapkan adalah Rp 4.200.000

4. Jual Beli Barang Bekas

Usaha ini menjadi begitu populer selama beberapa tahun terakhir, terutama setelah beberapa situs menyediakan layanan tersebut. Dengan modal Rp5 jutaan kamu juga bisa meraih keuntungan dengan cara menjalankan usaha tersebut di rumah.
Lakukan pemasaran melalui internet, agar orang dengan mudah mengetahui dan membeli berbagai barang yang kamu jual di sana. Barang bekas yang dijual bisa berupa pakaian, tas , atau barang elektronik sekalipun.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan