kumparan
KONTEN PENGGUNA
14 Februari 2020 15:48

Peluang Bisnis Modal di Bawah Rp 500 Ribu, Berani Coba?

quncjxzpbzrbqpzphs7c.jpg
Ilustrasi makanan ringan (Foto: Thinkstock)
Di era global saat ini, setiap kesempatannya bisa menjadi peluang bisnis. Bahkan dengan modal kecil sekali pun. Namun dibutuhkan keuletan dan pikiran yang kreatif agar mampu bersaing dengan kompetitor.
ADVERTISEMENT
Selain itu, penghematan bisa dilakukan dengan promosi gencar di sosial media. Jadi kamu tidak perlu takut untuk memulai usaha sendiri. Berikut rekomendasi usaha dengan modal kurang dari Rp 500 ribu :

1. Bisnis Makanan Ringan

Bisnis ini bisa menjadi pilihan untuk modal kecil apalagi makanan ini bukan hanya digemari oleh anak-anak. Untuk modal tidak lebih dari Rp 500 ribu, kamu bisa membeli kiloan makanan ringan seperti makaroni, kuping gajah mini, stik balado, lidi-lidian lewat toko online atau di pasar sekali pun.
Berdasarkan harga di salah satu e-commerce untuk makanan lidi-lidian per kilonya Rp 37 ribu. Anggaplah kamu membeli 5 kg dengan total Rp 185 ribu, lalu dikemas per bungkusnya sebanyak 300, dijual dengan kisaran harga Rp 1.000. Maka kamu sudah dapat hasil penjualan Rp 300 ribu
ADVERTISEMENT

2. Menulis di Website Sendiri

Saat ini menulis di website sendiri atau blogger bisa menjadi peluang bisnis dengan modal kecil. Telah banyak orang yang sukses menjadi seorang blogger profesional dengan penghasilan jutaan bahkan ratusan juta per bulannya.
Ilustrasi pemrograman
Ilustrasi pemrograman komputer. Foto: Startup Stock Photo via Pixabay
Sebenarnya banyak web blog gratis yang disediakan seperti Blogspot.com, Wordpress.com, Weebly.com. Tetapi jika kamu ingin mempunyai blog sendiri, kamu bisa memulainya dengan membeli domain seharga Rp 150 ribu per tahun dan basic hosting Rp 15 ribu per bulan. Dengan begitu total yang kamu keluarkan per tahunnya cukup Rp 330 ribu.
Jika pengunjung blog kamu banyak, maka penghasilan akan didapat lewat iklan di laman tersebut, per bulan bisa menghasilkan jutaan rupiah. Namun, perlu diingat menjalani bisnis ini perlu kesabaran dan yang terpenting konsisten untuk menulis.
ADVERTISEMENT

3. Les Bimbel

Peluang bisnis ini dapat dijalani oleh siapa pun dengan syarat mampu dan menguasai materi. Les bimbel bisa dibuka di rumah dengan modal yang sangat minim karena dasarnya yang ditawarkan adalah jasa. Untuk memulainya tidak harus dengan peserta yang banyak, bisa lewat orang sekitar atau tetangga terlebih dahulu.
KONTEN SPESIAL BIMBEL, Bimbel Lavender
Suasana belajar di Bimbel Lavender. Foto: Helmi Afandi Abdullah/kumparan
Peralatan yang dibutuhkan juga sederhana, papan tulis, spidol, meja dan kursi yang seharusnya tidak sampai Rp 500 ribu apalagi jika meja dan kursi bisa menggunakan alternatif lain yang sudah ada di rumah. Penghasilan dari bisnis ini bisa mencapai Rp 1 juta per bulannya.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan