kumparan
6 Agu 2019 10:46 WIB

Pencerah Nusantara Diakui Menkes Sebagai Inovasi di Sektor Kesehatan

Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Prof. Dr. dr. Nila Moeloek, Sp.M (K), tengah memaparkan replikasi program Pencerah Nusantara menjadi Nusantara Sehat yang berskala nasional dan menjadi salah satu program inovasi berbasis tim dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (17/7/19)
Pencerah Nusantara menjadi program intervensi kesehatan berbasis tim interprofesi yang digerakkan oleh kaum muda. Menawarkan inovasi dalam pembangunan kesehatan, khususnya dalam meningkatkan status kesehatan dan menciptakan dampak berkelanjutan di masyarakat, program ini mengirimkan pegiat-pegiat kesehatan muda untuk melakukan intervensi penguatan layanan kesehatan primer di 16 kabupaten di Indonesia . Keberhasilan ini meyakinkan pemerintah bahwa pendekatan berbasis tim interprofesi menjadi solusi dalam memperkuat kesehatan masyarakat.
ADVERTISEMENT
Ditemui dalam acara Public Expose Pencerah Nusantara (17/07/19) di Gedung LIPI Jakarta Selatan, Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Prof. Dr. dr. Nila Moeloek, Sp.M (K) mengakui bahwa model intervensi berbasis tim seperti Pencerah Nusantara turut meyakinkan pemerintah untuk mengadopsi dan mereplikasi inovasi ini menjadi program skala nasional.

“Pencerah Nusantara menjadi salah satu terobosan inovatif dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui penguatan layanan kesehatan primer sebagai garda terdepan kesehatan masyarakat. Hal ini sejalan dengan visi Presiden Joko Widodo dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia. Keberhasilan Pencerah Nusantara turut meyakinkan Kementerian Kesehatan untuk mengadopsi intervensi ini menjadi program serupa skala nasional, Nusantara Sehat (NS). Sampai saat ini NS masih berjalan dan sudah memberangkatkan ribuan pemuda ke Daerah Tertinggal, Perbatasan dan Kepulauan Terluar (DTPK),” ujar Nila Moeloek.

ADVERTISEMENT
Menteri Nila Moeloek juga menyampaikan kebanggaannya terhadap kaum muda Indonesia yang mengambil peran aktif dalam memajukan pembangunan kesehatan Indonesia termasuk di daerah-daerah terpencil.
“Saya turut ingin menyampaikan terima kasih, baik kepada Pencerah Nusantara maupun Nusantara Sehat karena berkat program-program seperti Pencerah Nusantara dan Nusantara Sehat, orang muda Indonesia memiliki wadah untuk memajukan kesehatan di DTPK. Saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada CISDI yang telah memotivasi banyak orang muda untuk mengambil peran lebih besar dalam menciptakan perubahan,” tutup Menteri Kesehatan.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan