Apa Arti Bias di Dunia K-Pop? Ini Penjelasannya

Pengertian dan Istilah
Artikel yang menjelaskan pengertian dari sebuah istilah.
Konten dari Pengguna
12 Juni 2023 17:03 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Pengertian dan Istilah tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi penggemar Kpop. Foto: Pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi penggemar Kpop. Foto: Pexels.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Arti bias secara umum adalah kecenderungan untuk mendukung atau menentang sesuatu hal, orang, atau kelompok daripada yang lain dengan cara yang kurang adil. Namun, kata ini memiliki makna khusus di dunia K-Pop.
ADVERTISEMENT
Mari kita lihat lebih dalam arti dari bias dan istilah-istilah populer lainnya dalam dunia K-pop.

Apa Arti Bias?

Arti bias merujuk pada anggota favorit dalam sebuah grup musik atau idola. Foto: Pexels.com
Dalam industri musik K-pop yang berkembang pesat, ada banyak istilah populer yang digunakan oleh penggemar dan pengikut setia. Salah satu istilah yang sering kali muncul adalah "bias".
Dalam dalam hal ini, arti bias merujuk pada anggota favorit dalam sebuah grup musik atau idola.
Bias dipilih oleh penggemar berdasarkan berbagai faktor, seperti penampilan, bakat, kepribadian, atau koneksi emosional yang terjalin dengan anggota tersebut.
Setiap penggemar K-pop biasanya memiliki satu atau beberapa bias dari grup yang mereka dukung.

Istilah Lain di Dunia K-Pop

Tak hanya bias, ada berbagai istilah lain yang umum digunakan oleh penggemar K-Pop. Foto: Pexels.com
Tak hanya bias, ada berbagai istilah lain yang umum digunakan oleh penggemar K-Pop, di antaranya adalah sebagai berikut.
ADVERTISEMENT

1. Stan

Istilah "stan" berasal dari lagu "Stan" oleh Eminem, dan sekarang digunakan secara umum untuk menggambarkan penggemar yang sangat obsesif dan fanatik terhadap artis atau grup musik tertentu.
Penggemar yang disebut sebagai "stan" sering kali sangat berdedikasi dan bersemangat dalam mendukung dan mempromosikan idola mereka.

2. Fanchant

Fanchant adalah seruan atau sorakan yang dilakukan oleh penggemar saat penampilan live dari grup musik K-pop.
Fanchant biasanya terdiri dari lirik lagu yang dinyanyikan oleh penggemar dengan suara keras dan terorganisir secara khusus untuk menciptakan atmosfer yang energik dan menyenangkan selama pertunjukan.

3. Comeback

Istilah "comeback" dalam K-pop merujuk pada perilisan baru dari grup musik atau artis solo.
Comeback biasanya melibatkan peluncuran album, lagu baru, atau pertunjukan yang dirancang untuk menghasilkan kegemparan di antara penggemar dan mendapatkan perhatian media yang lebih luas.
ADVERTISEMENT

4. Visual

Istilah "visual" digunakan untuk menggambarkan anggota grup musik yang memiliki penampilan yang menarik secara estetika.
Visual biasanya dilihat sebagai individu dengan kecantikan atau kegantengan yang mencolok, dan sering kali menjadi daya tarik utama dalam grup tersebut.

5. Maknae

Maknae adalah istilah Korea yang digunakan untuk merujuk pada anggota termuda dalam sebuah grup musik.
Di K-pop, peran maknae biasanya memiliki daya tarik tersendiri, dan sering kali dianggap sebagai anggota yang menggemaskan dan menghibur.

6. Aegyo

Aegyo adalah istilah Korea yang digunakan untuk menggambarkan tingkah laku imut, manis, dan menggemaskan yang dilakukan oleh idola K-pop.
Aegyo seringkali melibatkan ekspresi wajah, suara yang tinggi dan lembut, gerakan tubuh yang menggemaskan, dan bahasa yang lembut dan menggoda.
ADVERTISEMENT

7. Fanmeeting

Fanmeeting adalah acara yang diadakan oleh grup musik K-pop untuk bertemu langsung dengan penggemar.
Acara ini memberikan kesempatan bagi penggemar untuk berinteraksi dengan anggota grup secara pribadi, bermain game, mengobrol, atau bahkan berfoto bersama.
Inilah beberapa istilah populer dalam dunia K-pop, termasuk arti "bias" yang menjadi salah satu istilah yang paling sering digunakan.
Industri K-pop terus berkembang dan menghasilkan istilah-istilah baru yang unik, memperkaya pengalaman penggemar dan menjalin hubungan yang erat antara idola dan pengikutnya.
(SAI)