Konten dari Pengguna

Apa Arti Nongki? Ini Penjelasannya dan Manfaatnya

Pengertian dan Istilah
Artikel yang menjelaskan pengertian dari sebuah istilah.
19 Oktober 2023 15:08 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
2
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Pengertian dan Istilah tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Arti Nongki. Foto: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Arti Nongki. Foto: Pexels
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Teman-teman kamu mengajak nongki tapi kamu tidak tahu arti nongki apa? Tidak perlu khawatir, di bawah ini terdapat penjelasan mengenai arti nongki yang populer di kalangan anak muda.
ADVERTISEMENT
Nongki seolah sudah menjadi kegiatan wajib setiap weekend untuk orang-orang. Jadi, jangan sampai tidak tahu artinya, ya.

Pengertian Nongki

Pengertian Nongki. Foto: Pexels
Nongki sebenarnya adalah plesetan dari kata nongkrong. Adapun arti nongkrong dalam KBBI adalah kegiatan duduk-duduk saja karena tidak ada pekerjaan.
Kegiatan nongki umumnya dilakukan beramai-ramai di suatu tempat. Pilihan tempat nongkrong biasanya tidak jauh-jauh dari kafe atau mall.
Di tempat nongki, para anak muda akan menghabiskan waktu dengan berbincang, bercanda dan bersantai. Kegiatan nongki ini biasa dibilang sebagai aktivitas pereda penat.
Makanya, nongki sering dilakukan ketika waktu luang, seperti weekend atau di malam hari. Khusus untuk remaja yang masih bersekolah, biasanya mereka akan nongki setelah pulang sekolah.
ADVERTISEMENT

Manfaat Nongki Bareng Teman

Manfaat Nongki Bareng Teman. Foto: Pexels
Nongki bareng teman tentunya memiliki sejumlah manfaat. Berikut manfaatnya menurut Very Well Mind.

1. Baik untuk Kesehatan Fisik

Ternyata hubungan yang sehat berkontribusi pada kesehatan fisik yang baik. Pasalnya, isolasi diri dan rasa kesepian terkait dengan berbagai masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi, penyalahgunaan zat, penyakit jantung, dan bahkan kanker.
Nah, memiliki ikatan sosial yang kuat dapat mengurangi perasaan kesepian. Menurut penelitian Holt-Lunstad J, Smith TB, Layton JB. berjudul Social relationships and mortality risk: A meta-analytic review, orang-orang dengan hubungan sosial yang kuat memiliki setengah risiko kematian dini karena berbagai sebab.

2. Mendorong Perilaku Sehat

Diskusi bersama teman saat nongkrong bisa mendorong perilaku sehat, jika temanmu juga menerapkan gaya hidup sehat. Orang-orang lebih termotivasi dan cenderung mengikuti program olahraga ketika mereka melakukannya dengan seorang teman.
ADVERTISEMENT
Teman mungkin juga menyarankan aktivitas yang tidak kamu pikirkan sebelumnya, sehingga mendorongmu keluar dari zona nyaman.

3. Memberi Dukungan Emosional

Jika kamu mengalami masa sulit, memiliki teman yang dapat diajak nongki dan curhat dapat membantumu melewati masa sulit. Penelitian telah menunjukkan bahwa kebahagiaan menular di antara teman.
Sebuah penelitian terhadap siswa sekolah menengah menemukan bahwa mereka yang mengalami depresi memiliki kemungkinan dua kali lebih besar untuk pulih jika mereka memiliki teman yang bahagia.

4. Membantu Membangun Kepercayaan Diri

Setiap orang terkadang memiliki keraguan dan rasa tidak aman. Namun memiliki teman yang mendukung kita berperan besar dalam membangun harga diri dan rasa cinta pada diri sendiri.
Teman yang suportif dapat membantu kita merasa lebih percaya diri dengan memberikan pujian dan kepastian saat kita merasa tidak yakin.
ADVERTISEMENT

5. Membantu Mengalahkan Stres

Setiap orang mengalami peristiwa yang membuat stres. Jika kamu tahu bahwa kamu memiliki orang-orang yang dapat diandalkan, kecil kemungkinan kamu akan menganggap masa-masa sulit sebagai sebuah stres.
Nongki bersama teman juga dapat membantu mengurangi stres. Menurut Harvard Medical School, hubungan sosial membantu meringankan tingkat stres, yang dapat membahayakan arteri jantung, fungsi usus, regulasi insulin, dan sistem kekebalan tubuh.
(DEL)