Arti Dinamika Menurut Ahli, Jenis, dan Contohnya

Artikel yang menjelaskan pengertian dari sebuah istilah.
Konten dari Pengguna
25 September 2023 16:10 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Pengertian dan Istilah tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Arti Dinamika. Foto: Pexels
ADVERTISEMENT
Arti dinamika secara etimologi berasal bahasa Yunani, yakni "dynamics" yang bermakna kekuatan. Sementara dalam KBBi, arti dinamika adalah gerak dari dalam, tenaga yang menggerakkan, dan semangat.
ADVERTISEMENT
Untuk memahami arti dinamika dengan lebih baik, simak pendapat sejumlah ahli di bawah ini.

Pengertian Dinamika Menurut Para Ahli

Pengertian Dinamika Menurut Para Ahli. Foto: Pexels
Berikut beberapa pendapat para ahli mengenai dinamika yang bisa membantumu makin paham.

1. Maria SW Sumardjono & Imam Kuswahyono

Dalam buku Dinamika Omnibus Law di Era New Normal: Peluang serta Tantangan Bagi Profesi Hukum, dijelaskan bahwa dinamika adalah pergerakan dalam lingkungan sosial terus menerus. Pergerakan ini menimbulkan perubahan dalam tata hidup masyarakat.

2. Rahmi Widyanti

Dalam buku Perilaku Organisasi (Teori dan Konsep) Jilid 1 karya Rahmi Widyanti, dijelaskan bahwa dinamika adalah sesuatu yang berarti energi. Kata ini juga merujuk pada kondisi selalu bergerak, berkembang, dan menyesuaikan diri dengan keadaan.

3. Slamet Santoso

Menurut Slamet Santoso dalam buku Dinamika Kelompok (2004), dinamika adalah tingkah laku yang langsung mempengaruhi warga lain secara timbal balik. Dinamika berarti interaksi dan interdependensi antar anggota kelompok.
ADVERTISEMENT

4. Zulkarnain

Dalam buku Psikologi Pendidikan, Zulkarnain menjelaskan bahwa dinamika merupakan suatu hal yang memiliki tenaga atau kekuatan, selalu bergerak dan berkembang serta mampu menyesuaikan diri dengan keadaan tertentu.

Jenis-jenis Dinamika dan Contohnya

Jenis-jenis Dinamika dan Contohnya. Foto: Unsplash
Berikut ini beberapa jenis-jenis dinamika yang sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

1. Dinamika Sosial

Soerjono Soekanto berpendapat bahwa dinamika sosial merupakan perubahan sosial yang ada di dalam masyarakat yang mengalami bentuk permasalahan, dapat dilakukan oleh individu maupun kelompok.
Sementara dalam buku Kepemimpinan Pendidikan Islam karya H.A. Rusdiana, dinamika sosial adalah perilaku yang dihasilkan dari interaksi antar individu dan kelompok.
Contohnya dinamika sosial adalah:
ADVERTISEMENT

2. Dinamika Kelompok

Menurut buku Perilaku Organisasi (Teori dan Konsep) Jilid 1 karya Rahmi Widyanti, dinamika kelompok adalah grup yang terdiri dari dua atau lebih individu. Tiap anggota memiliki hubungan psikologi yang jelas.
Contoh dinamika kelompok adalah:

3. Dinamika Psikologis

Dinamika psikologis merupakan studi tentang perubahan dan interaksi dalam pikiran, emosi, dan perilaku individu. Ini mencakup berbagai bidang, seperti psikologi perkembangan, psikologi kognitif, psikologi sosial, dan psikologi kepribadian.
Contoh dinamika psikologis adalah:
ADVERTISEMENT

4. Dinamika Populasi

Dinamika populasi merupakan studi tentang perubahan jumlah, komposisi, dan distribusi populasi. Ini mencakup topik-topik seperti pertumbuhan populasi, migrasi, mortalitas, dan dinamika populasi dalam konteks ekologi dan demografi.
Contoh dinamika populasi adalah:
(DEL)