Arti Kejatuhan Cicak Menurut Primbon Jawa dan Islam

Pengertian dan Istilah
Artikel yang menjelaskan pengertian dari sebuah istilah.
Konten dari Pengguna
24 Mei 2023 14:45 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Pengertian dan Istilah tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Arti Kejatuhan Cicak. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Arti Kejatuhan Cicak. Foto: Unsplash
ADVERTISEMENT
Ada banyak mitos yang berkembang di Indonesia, salah satunya adalah kejatuhan cicak. Nah, kamu sudah tahu belum apa arti kejatuhan cicak?
ADVERTISEMENT
Ada yang bilang bahwa kejatuhan cicak membawa rezeki, ada pula yang bilang pertanda kesialan. Kalau kamu penasaran apa makna di balik kejatuhan cicak yang sebenarnya, simak informasi di bawah ini.

Makna Kejatuhan Cicak

Makna Kejatuhan Cicak. Foto: Unsplash
Menurut Primbon Jawa, kejatuhan cicak bisa berarti banyak hal. Primbon sendiri merupakan konsep atau ilmu yang digunakan leluhur untuk mengartikan sesuatu.
Penarikan maknanya diambil dengan cara mengamati beberapa kejadian yang sejenis atau berpola sama. Nah, berikut arti kejatuhan cicak menurut Primbon Jawa.

1. Kehilangan Pekerjaan

Apakah kamu pernah kejatuhan cicak di tangan kiri? Nah, menurut Primbon Jawa, itu pertanda yang kurang baik.
Mitosnya, kejatuhan cicak di tangan kiri merupakan pertanda akan kehilangan pekerjaan dalam waktu dekat. Dampak dari kehilangan pekerjaan ini bisa membuatmu mengalami cobaan hidup yang berat.
ADVERTISEMENT

2. Mendapatkan Pekerjaan Baru

Kejatuhan cicak tidak hanya bermakna kehilangan pekerjaan. Peristiwa ditimpa cicak juga bisa berarti kamu akan mendapatkan pekerjaan baru.
Dipercaya, orang yang kejatuhan cicak di bagian tangan akan mendapatkan pemasukan keuangan yang lebih lancar.

3. Pertanda akan sakit

Konon, cicak digunakan untuk mengirim santet dan penyakit. Oleh karena itu, orang-orang lebih memilih menghindari cicak yang berada di atas kepala, agar tidak kejatuhan cicak. Bahkan bukan hanya kejatuhan cicak saja, tetapi juga kotorannya.
Jika kejatuhan kotoran cicak, hendaknya segera membersihkan diri dan menghentikan segala aktivitas di luar rumah. Pasalnya, menurut mitos, kesehatan orang yang kejatuhan cicak akan menurun begitu saja.

4. Kesialan dalam Perjalanan

Kejatuhan cicak di tangan kiri tidak hanya berarti kehilangan pekerjaan, tapi bisa jadi tanda kesialan dalam perjalanan.
ADVERTISEMENT
Oleh karena itu, jika kejatuhan cicak di tangan kiri, hendaknya kamu tak melakukan perjalanan jauh jika dirasa tidak begitu penting.

5. Rejeki Seret

Kejatuhan cicak juga dianggap sebagai pertanda seseorang akan mengalami rejeki yang seret.
Jika mengalami peristiwa ini, kamu akan merasakan dunia tak berpihak kepadamu dan rejeki berangsur akan terasa semakin sulit.

Pandangan Islam tentang Kejatuhan Cicak

Pandangan Islam tentang Kejatuhan Cicak. Foto: Pexels
Untuk Muslim, penting mengetahui pandangan Islam terkait kejatuhan cicak. Dalam Islam sendiri, anggapan yang berkaitan dengan keberuntungan dan keburukan dikenal dengan istilah tathayyur atau thiyaarah.
Istilah tersebut digunakan orang-orang Arab Jahiliyah untuk menentukan apakah seseorang akan mendapatkan keberuntungan atau kesialan. Nah, arti kejatuhan cicak juga dapat digolongkan dalam hal ini.
ADVERTISEMENT
Bagi seorang Muslim, memercayai mitos-mitos seperti itu dikhawatirkan dapat mengarah pada sikap syirik, atau mempercayai seseuatu selain Allah.
Hal ini dipertegas dalam sebuah hadist shahih yang artinya:
“Ramalan mujur-sial adalah syirik. (Rasulullah saw. mengulanginya tiga kali) dan tiap orang pasti terlintas dalam hatinya perasaan demikian, tetapi Allah menghilangkan perasaan itu dengan bertawakal.” (HR Bukhari Muslim).
Adapun jika seseorang merasakan firasat buruk, hendaknya ia berdoa memohon perlindungan kepada Allah. Berikut bacaan doa menolak firasat buruk.
Allohumma laa thoiro illaa thoituka walaa khoiro illa khoiruka, walaa ilaaha ghoiruka.
Artinya: “Ya Allah! Tidak ada kesialan kecuali kesialan yang Engkau tentukan. Dan tidak ada kebaikan kecuali kebaikan-Mu. Serta tiada Ilah (yang berhak disembah) selain Engkau.”
ADVERTISEMENT
Nah, itulah penjelasan mengenai arti kejatuhan cicak. Semoga informasi di atas membantu, ya!
(DEL)