Arti OP dalam K-Pop, Fenomena Budaya yang Mempesona

Pengertian dan Istilah
Artikel yang menjelaskan pengertian dari sebuah istilah.
Konten dari Pengguna
17 Desember 2023 22:27 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Pengertian dan Istilah tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Arti OP dalam K-Pop. Foto: Unsplash/Aditya Chinchure
zoom-in-whitePerbesar
Arti OP dalam K-Pop. Foto: Unsplash/Aditya Chinchure
ADVERTISEMENT
Arti OP dalam konteks K-pop merupakan singkatan dari "Original Poster" atau "Original Post" dalam forum atau platform daring, seperti forum K-pop, situs komunitas, hingga media sosial.
ADVERTISEMENT
Pada konteks ini, OP merujuk pada penulis atau pengguna pertama yang membuat suatu thread atau postingan. Jadi, artikel ini akan menjelaskan tentang arti OP dalam budaya K-Pop beserta bagaimana istilah ini digunakan.

Arti OP dalam Kpop

OP merupakan singkatan dari Original Poster. Foto: Unsplash/William White
OP dalam K-Pop singkatan dari "Original Poster." Istilah ini awalnya berasal dari forum dan platform daring di mana seseorang yang memulai atau membuka suatu thread disebut sebagai "OP." Namun, dalam dunia K-Pop, makna "OP" berkembang lebih luas.
Pada konteks K-Pop, "OP" merujuk pada seseorang yang pertama kali membagikan atau memulai diskusi mengenai suatu topik atau konten tertentu, seperti foto, video, atau informasi seputar idol atau grup K-Pop tertentu.
Kemudian, OP menjadi penanda untuk pengguna atau penggemar yang mengunggah konten tersebut ke platform daring. Dalam percakapan, istilah ini sering digunakan untuk memberikan kredit kepada penulis asli atau untuk memulai percakapan terkait suatu topik tertentu.
ADVERTISEMENT
Berikut ini adalah contoh penggunaan kalimat OP:
Selain itu, singkatan atau istilah dapat memiliki arti yang berbeda tergantung pada konteks penggunaannya. Dalam hal ini, OP secara umum mengacu pada pembuat postingan pertama dalam suatu topik di dunia maya.

Bagaimana OP Digunakan dalam Komunitas K-Pop?

OP sering digunakan dalam komunitas K-Pop. Foto: Unsplash/Joel Muniz
Seperti diketahui, istilah OP sering digunakan dalam komunitas K-Pop. Lalu, bagaimana penggunaannya?

1. Pemberian Kredit dan Penghargaan

Ketika seseorang membagikan konten, seperti foto atau video, yang kemudian menjadi populer di kalangan penggemar K-Pop, memberikan kredit kepada "OP" menjadi suatu norma.
Hal tersebut dilakukan untuk menghargai orang yang pertama kali membagikan konten tersebut.

2. Mengenali Sumber Informasi

Dalam diskusi atau berbagi informasi seputar K-Pop, seringkali penting untuk mengenali "OP" atau sumber asli informasi. Hal ini membantu memastikan keakuratan dan keberlanjutan informasi yang beredar di antara penggemar.
ADVERTISEMENT

Peran OP dalam Interaksi Penggemar

OP juga berperan dalam interaksi penggemar. Foto: Unsplash/Jason Leung
OP juga berperan penting dalam interaksi penggemar. Berikut ini adalah peranannya:

1. Membangun Komunitas dan Koneksi

Dalam komunitas K-Pop, mengakui "OP" dan memberikan kredit tidak hanya tentang tindakan sopan, tetapi juga menjadi cara untuk membangun koneksi antara penggemar. Hal ini menciptakan atmosfer inklusif dan ramah di antara penggemar K-Pop.

2. Promosi dan Dukungan

Jika seseorang memiliki karya atau konten sendiri yang ingin dibagikan, menjadi "OP" adalah langkah awal untuk mendapatkan dukungan dari komunitas. Penggemar K-Pop sering memberikan dukungan kepada sesama penggemar yang aktif berkontribusi.
Dalam konteks K-Pop, OP bukan hanya sekadar singkatan teknis; itu adalah pengakuan terhadap individu atau penggemar yang memulai suatu diskusi atau berbagi konten yang kemudian menjadi topik hangat di dalam komunitas.
ADVERTISEMENT
(SOF)