Mengenal Arti Bridesmaid dan Tugasnya dalam Pernikahan

Artikel yang menjelaskan pengertian dari sebuah istilah.
Konten dari Pengguna
23 Agustus 2023 15:34 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Pengertian dan Istilah tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Mengenal Arti Bridesmaid. Foto: Unsplash
ADVERTISEMENT
Memahami arti bridesmaid tidak sulit. Kamu pasti pernah menghadiri acara pernikahan dan melihat sekelompok wanita dengan pakaian seragam, bukan? Nah, itulah yang disebut bridesmaid.
ADVERTISEMENT
Bridesmaid bertugas membantu pengantin agar mereka bisa menjalani hari bahagia tanpa sibuk memikirkan ini-itu lagi. Yuk, simak penjelasan selengkapnya mengenai bridesmaid di bawah ini.

Pengertian Bridesmaid

Pengertian Bridesmaid. Foto: Unsplash
Secara bahasa, bridesmaid berarti pengiring pengantin. Jumlah orang yang ditunjuk untuk menjadi pengiring pengantin biasanya bervariasi, dari lima hingga sepuluh orang.
Dari sejumlah bridesmaid itu, akan dipilih satu orang pemimpin yang bertindak sebagai perantara antara bridesmaid dan calon pengantin.
Bridesmaid sendiri adalah seseorang yang diinginkan pengantin wanita menjadi bagian dari pernikahannya sejak awal. Biasanya mereka adalah orang kepercayaan pengantin, seperti sahabat atau sepupu.
Banyak yang mengira bridesmaid hanya menjalankan tugas pada hari pernikahan. Namun, rupanya bridesmaid juga bertugas sebelum acara pernikahan berlangsung, lho.
ADVERTISEMENT

Tugas Bridesmaid

Tugas Bridesmaid. Foto: Unsplash
Tugas seorang bridesmaid sangat banyak. Bridesmaid melakukan tugasnya sebelum pernikahan hingga pernikahan berlangsung. Berikut hal yang perlu diperhatikan.

1. Mendukung Secara Emosional

Pertama dan terpenting, bridesmaid harus selalu mendampingi pengantin wanita pada saat-saat penuh ketegangan. Banyak beban yang ditanggung oleh mereka untuk memulai acara pranikah, jadi penting untuk memberi dukungan emosional.

2. Memberikan Ide

Memberikan ide adalah peran yang cukup penting untuk dimainkan sebagai pengiring pengantin. Namun, ada perbedaan tipis antara membantu pengantin wanita mengambil keputusan dan memaksakan apa yang menurut kamu terbaik. Jadi berikan pendapatmu jika diminta, tetapi jangan memaksakannya.

3. Berkomunikasi dengan Jujur

Luangkan waktu untuk memahami apa yang diharapkan dari pengantin dengan melakukan percakapan jujur tentang tanggung jawab tersebut sejak hari pertama.
ADVERTISEMENT
Kejujuran selalu menjadi pilihan terbaik (dengan diri sendiri dan dengan pengantin wanita). Bersikaplah komunikatif jika kamu tidak mampu menangani sesuatu, dan sebagai teman dekat, kemungkinan besar pengantin wanita akan sepenuhnya pengertian.

4. Memakai Busana Seragam

Bridesmaid menggunakan busana seragam yang biasanya diberikan kedua mempelai dengan warna yang telah ditentukan. Mereka juga bertanggung jawab untuk melengkapi dan mengumpulkan seragam dari toko pakaian itu sendiri.

5. Mengurus Pesta Lajang

Tidak banyak orang yang menyelenggarakan acara pernikahan dengan bridesmaid, tetapi pengiring pengantin wanita dan pengiring pria akan menjadi tuan rumah pesta.
Ini adalah tugas pranikah yang paling penting dari seorang pengiring pengantin. Acara ini dimaksudkan untuk menantikan hari pernikahan pengantin, tetapi juga dapat membantu mereka untuk menghilangkan stres.
ADVERTISEMENT
Pengantin baru penuh dengan rencana dan membutuhkan sesuatu untuk lebih rileks. Misalnya, pertemuan dengan teman dekat atau pesta kecil sebelum pernikahan.

6. Pengiring Pengantin

Peran utama bridesmaid adalah membantu calon pengantin dalam merencanakan pernikahan dan membantu pengantin wanita sesuai dengan apa yang ia butuhkan.
Tidak hanya itu, tentunya bridesmaid akan turut dalam resepsi (jika diperlukan). Selama resepsi, mereka berinteraksi dengan pengiring pengantin pria dan tamu penting lainnya.
Bridesmaid juga datang lebih awal ke acara untuk menyambut tamu dan membimbing para tamu undangan ke tempat duduk mereka.
Itulah penjelasan mengenai bridesmaid dan tugas-tugasnya. Sebenarnya masih banyak tugas bridesmaid lainnya. Semua tergantung kebutuhan pengantinnya. Semoga informasi di atas bermanfaat, ya!
(DEL)