Mengenal Arti Kata Nektar, Cairan Bunga yang Diserap Lebah

Artikel yang menjelaskan pengertian dari sebuah istilah.
Konten dari Pengguna
20 September 2023 12:28
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Pengertian dan Istilah tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Mengenal Arti Kata Nektar. Foto: Pexels
ADVERTISEMENT
Arti kata nektar menurut KBBI adalah minuman para dewa (Yunani dan Romawi). Nektar juga berarti minuman yang dapat memberikan kenikmatan.
ADVERTISEMENT
Namun, arti kata nektar yang secara umum dipahami adalah cairan manis yang terdapat pada bunga yang biasa diserap lebah, merupakan bahan utama untuk madu. Arti inilah yang akan dikupas lebih jauh di bawah ini.

Apa Arti Kata Nektar?

Ilustrasi Lebah Menyerap Nektar. Foto: Pexels
Nektar adalah cairan pada bunga yang diserap oleh lebah. Nektar biasanya terletak di dasar benang sari bunga, yang menarik hewan penyerbuk nektar untuk bersentuhan dengan serbuk sari yang akan dipindahkan.
Jadi, sebenarnya tak hanya lebah yang menyerap nektar. Hewan penyerbuk lainnya seperti kelelawar pemakan buah, burung kolibri, burung matahari, dan serangga juga menyerap nektar.
Mengutip Ensiklopedia Britannica, cairan nektar mengandung gula fruktosa, glukosa, dan sukrosa, juga mengandung sedikit protein, garam, asam, dan minyak esensial.
ADVERTISEMENT
Fakta menariknya, tidak semua nektar tanaman bisa dicerna lebah. Sebab, terdapat gula tambahan yang tidak dapat diurai oleh lebah sehingga menjadi racun baginya saat tertelan.
Lebah lebih menyukai nektar hangat yang mengandung sedikit gula daripada nektar yang dingin karena kandungan gulanya banyak.
Hal tersebut terjadi karena lebah menggunakan panas dari bagian nektar untuk mengatur suhu tubuhnya ketika terbang mencari makan.

Manfaat Nektar untuk Lebah

Ilustrasi Manfaat Nektar untuk Lebah. Foto: Pexels
Berikut beberapa manfaat nektar untuk lebah.

1. Sumber Pakan Utama Lebah

Nektar mengandung gula alami yang cukup tinggi. Selain itu, dalam nektar juga terkandung karbohidrat, asam amino dan volatif yang berfungsi untuk menarik beberapa hewan penyerbuk. Alkaloid dan polifenol dalam nektar memberi fungsi sebagai perlindungan.
ADVERTISEMENT
Perlu diketahui bahwa kandungan nektar tiap tumbuhan itu berbeda. Walaupun pada jenis tanaman yang sama, produksi nektar belum tentu sama karena adanya pengaruh tahan, geografis, iklim dan lain sebagainya.

2. Obat untuk Lebah

Nektar berkhasiat mengobati dan menyembuhkan lebah. Kandungan tembakau alkaloid anabisine dapat mengurangi parasit usus protozoa dalam tubuh lebah lebih dari 80%. Senyawa tersebut berasal dari pohon basswood yang merupakan tanaman lahan basah di Amerika Serikat.
Akan tetapi tanaman ini bukanlah tanaman yang baik untuk lebah karena senyawa anabisime merupakan senyawa anti parasite terkuat yang dapat membuat waktu reproduksi lebah menjadi lebih lama.

3. Sumber Madu

Untuk lebah madu, nektar merupakan bahan baku yang digunakan untuk menghasilkan madu. Lebah madu mengumpulkan nektar terutama dari bunga, dan jarang mengumpulkan nektar yang memiliki kandungan gula kurang dari 15 persen.
ADVERTISEMENT

25 Tanaman Penghasil Nektar

25 Tanaman Penghasil Nektar. Foto: Pexels
Tidak semua tanaman menghasilkan nektar. Berikut beberapa tanaman yang bisa menghasilkan nektar.
(DEL)