Konten dari Pengguna

Pengertian BUMS, Ciri-ciri, dan Fungsinya

Pengertian dan Istilah
Artikel yang menjelaskan pengertian dari sebuah istilah.
6 September 2023 14:25 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Pengertian dan Istilah tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
BUMS adalah salah satu konsep yang penting untuk dipahami dalam dunia ekonomi. Foto: Pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
BUMS adalah salah satu konsep yang penting untuk dipahami dalam dunia ekonomi. Foto: Pexels.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pengertian BUMS (Badan Usaha Milik Swasta) adalah salah satu konsep yang penting untuk dipahami dalam dunia ekonomi.
ADVERTISEMENT
BUMS merupakan singkatan dari Badan Usaha Milik Swasta, yang mengacu pada entitas bisnis yang dimiliki dan dioperasikan oleh individu atau entitas swasta, bukan oleh pemerintah atau lembaga negara.
Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut pengertian BUMS, peran pentingnya dalam perekonomian, dan bagaimana konsep ini berperan dalam menciptakan lapangan kerja dan pertumbuhan ekonomi.

Pengertian BUMS

Pengertian BUMS adalah segala bentuk entitas bisnis yang dimiliki oleh individu, kelompok, atau perusahaan swasta dan berorientasi pada laba. Foto: Pexels.com
Dikutip dari buku Praktik Bisnis Indonesia karya Rusdi Hidayat N A, BUMS adalah segala bentuk entitas bisnis yang dimiliki oleh individu, kelompok, atau perusahaan swasta dan berorientasi pada laba.
Ini termasuk perusahaan-perusahaan besar yang diperdagangkan di pasar saham hingga bisnis kecil dan menengah yang dimiliki oleh pemilik tunggal.
BUMS memiliki tujuan utama untuk menghasilkan keuntungan, dan mereka beroperasi dalam berbagai sektor ekonomi, termasuk manufaktur, jasa, pertanian, dan teknologi.
ADVERTISEMENT

Ciri-ciri BUMS

Badan Usaha Milik Swasta (BUMS) memiliki sejumlah ciri-ciri yang membedakannya dari badan usaha milik negara atau pemerintah. Berikut adalah beberapa ciri-ciri utama BUMS:

1. Pemilikan Swasta

BUMS dimiliki dan dikendalikan oleh individu, kelompok, atau entitas swasta. Pemiliknya bisa berupa perorangan, perusahaan, keluarga, atau konsorsium swasta. Pemerintah atau entitas publik tidak memiliki kepemilikan mayoritas atau kendali langsung atas BUMS ini.

2. Berorientasi pada Keuntungan

Tujuan utama dari BUMS adalah menghasilkan keuntungan finansial. Mereka berusaha untuk meraih laba dengan menjual produk atau jasa kepada pasar atau konsumen.

3. Otonomi Manajemen

Manajemen BUMS beroperasi secara independen tanpa campur tangan langsung dari pemerintah dalam pengambilan keputusan sehari-hari. Mereka memiliki kebebasan untuk mengelola bisnis mereka sesuai dengan tujuan dan strategi yang mereka tetapkan.
ADVERTISEMENT

Fungsi BUMS

BUMS memiliki peran penting dalam perekonomian suatu negara. Foto: Pexels.com
BUMS memiliki peran penting dalam perekonomian suatu negara. Berikut beberapa alasan mengapa BUMS sangat relevan:

1. Menciptakan Lapangan Kerja

BUMS sering menjadi sumber utama penciptaan lapangan kerja. Mereka membantu mengurangi tingkat pengangguran dengan mempekerjakan ribuan bahkan jutaan orang di seluruh dunia.
Lapangan kerja ini mencakup berbagai tingkat keterampilan, mulai dari pekerjaan tingkat rendah hingga tingkat manajemen.

2. Berkontribusi dalam Pajak

BUMS berkontribusi pada penerimaan pajak negara, yang mendukung berbagai program dan proyek pemerintah. Pajak yang dibayar oleh BUMS digunakan untuk infrastruktur, pendidikan, kesehatan, dan layanan publik lainnya.

3. Mengembangkan Inovasi dan Investasi

BUMS sering menjadi pusat inovasi dan investasi. Mereka memiliki insentif untuk menciptakan produk dan layanan baru serta melakukan investasi dalam penelitian dan pengembangan. Hal ini mendorong pertumbuhan ekonomi dan kemajuan teknologi.
ADVERTISEMENT

4. Diversifikasi Ekonomi

BUMS membantu dalam diversifikasi ekonomi suatu negara. Mereka beroperasi di berbagai sektor, yang mengurangi ketergantungan pada satu sektor tunggal. Ini menjadikan ekonomi lebih stabil dalam menghadapi perubahan kondisi pasar global.

5. Mendukung Persaingan Sehat di Pasar

Keberadaan BUMS meningkatkan persaingan dalam pasar, yang pada gilirannya menguntungkan konsumen. Persaingan mendorong perusahaan untuk meningkatkan kualitas produk, harga yang lebih baik, dan pelayanan pelanggan yang lebih baik.
Pengertian BUMS (Badan Usaha Milik Swasta) mencerminkan pentingnya perusahaan swasta dalam perekonomian. Mereka memberikan kontribusi besar terhadap penciptaan lapangan kerja, pertumbuhan ekonomi, dan kemajuan teknologi.
(SAI)